BERITA TERKINI
ARSIP TAHUN : 2018
21 Feb

Koordinasi Dan Pembinaan


Dalam rangka mendorong terwujudnya visi dan misi peradilan umum dengan peningkatan penjaminan mutu dan reformasi birokrasi melalui pengelolaan keuangan yang inovatif, tepat sasaran, transparan dan akuntabel.

Kegiatan yang dilaksanakan tanggal 20 februari 2018 di ruang sidang utama Pengadilan Negeri Bantul merupakan pilot project kegiatan koordinasi antara sekretaris dan pengelola keuangan pada pengadilan negeri dengan sekretaris dan bagian perencanaan pengadilan tinggi yang dilakukan secara bergilir di pengadilan negeri se-DIY.

Bantul sebagai pengadilan negeri yang oleh Pengadilan Tinggi Yogyakarta dipandang mengalami perkembangan positif pada akhir tahun 2017 dijadikan sebagai pilot project kegiatan tersebut, yang nantinya akan bergilir ke pengadilan negeri lain pada pertemuan berikutnya.

Kegiatan dibuka oleh wakil ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta Bpk. Gatot Suharnoto, S.H. bersama tim, yang terdiri atas hakim pengawas wilayah Bantul Bpk. H. Budi Setiono, S.H., M.H., Sekretaris Pengadilan Tinggi Yogyakarta Bpk. Sagimin, S.H., M.M., Kabag. Perencanaan dan kepegawaian Bpk. Widodo Budi Santoso, S.H., kasubag rencana program dan anggaran Ibu Rosyidatus Syarifeini, S.Psi serta para staf pelaksana bagian program dan anggaran.

Pada sesi pertama kegiatan dipandu oleh sekretaris Pengadilan Tinggi Yogyakarta berupa pemaparan dan evaluasi hasil kinerja anggaran selama tiga tahun terakhir, pembinaan/arahan mengenai pengelolaan anggaran dan pelaksanaan anggaran tahun 2018, diskusi, serta pembahasan permasalahan-permasalahan yang muncul. Acara dikemas santai dan interaktif.

Pada sesi kedua dipandu oleh kabag. Perencanaan dan kepegawaian, berupa penyampaian hasil penyusunan SAKIP (Sistem Akuntabilitas Instansi Pemerintah) di seluruh pengadilan negeri di yogyakarta. Pada sesi ini disampaikan kekurangan atau koreksi atas SAKIP seluruh pengadilan negeri.

Disampaikan juga mengenai hasil pertemuan seluruh kabag perencanaan dan kepegawaian di mahkamah agung mengenai pengaturan tata laksana kepegawaian berupa himbauan untuk pengisian data kepegawaian secara online dan terupdate untuk keperluan KPO dan PPO, juga kebijakan mengenai pengusulan jabatan teknis panitera pengganti dan  jurusita/pengganti.

Bersamaan dengan acara tersebut, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta bersama hakim tinggi pengawas wilayah bantul mengadakan supervisi dan pembinaan ke seluruh area kantor Pengadilan Negeri Bantul dengan didampingi oleh Ketua dan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bantul. 

Acara ditutup oleh KPN Bantul dikarenakan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi sudah mendahului kembali ke Pengadilan Tinggi Yogyakarta. (Wir)