Click to listen highlighted text!
BERITA TERKINI
ARSIP TAHUN : 2021
15 Dec

Pengadilan Negeri Bantul Mengikuti Bimtek Skill Media


WATES, PN-BANTUL.GO.ID – Pengadilan Negeri Bantul mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) pengembangan skill tim media yang diselenggarakan oleh Pengadilan Tinggi Yogyakarta di Pengadilan Negeri Wates. Bimtek diselenggarakanselama 2 (dua) hari yaitu Senin-Selasa (13-14/12/2021). Bimtek juga diikuti oleh seluruh tim media dari Pengadilan Tinggi Yogyakarta dan Pengadilan Negeri se wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta sejumlah 35 orang. Hadir sebagai narasumber adalah Kinaryo Palupi untuk fotografi dan videografi, dan Drs. H Heri Purwata untuk teknik penulisan.
Dalam acara pembukaan bimtek pengembangan skill tim media ini, Gatot Suharnoto, S.H., M.H, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta, memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Bimtek. Dalam sambutannya beliau mengatakan Bimtek ini sebagai upaya bagaimana menyajikan informasi kepada masyarakat sedemikina rupa dikemas dalam suatu kemasan yang baik dan menarik.
Di akhir sambutannya, Gatot Suharnoto, S.H., M.H. juga berpesan “jaga nama baik lembaga kita dengan cara memberikan layanan informasi yang benar dan baik, agar kepercayaan masyarakat kepada lembaga peradilan semakin baik”.
Sedangkan Ketua Panitia Penyelenggara Bimtek, Guntur Purwanto Joko Lelono S.H., M.H. mengatakan ada tiga tujuan dari Bimtek ini. Pertama, meningkatan kemampuan membuat berita baik gambar, maupun narasi. Kedua, peningkatan kemampuan membuat press release. Ketiga, meningkatkan kemampuan tata kelola media sosial yang dimiliki.
Setelah acara pembukaan, dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang forografi dan videografi oleh Kinaryo Palupi. Palupi memaparkan tentang teknik-teknik fotografi dan videografi bagaimana cara mengambil foto/video dan teknik komposisi di sebuah foto atau video. Seluruh peserta, termasuk Pengadilan Negeri Bantul, diberi kesempatan untuk praktek langsung membuat sebuah video liputan yang kemudian dilakukan review bersama.
Di hari kedua, materi disampaikan oleh Drs. H Heri Purwata, seorang dosen dan juga wartawan Republika (1993-2016). Heri Purwata memaparkan bagimana teknik membuat sebuah berita, mulai dari menemukan berita hingga menyusun menjadi sebuah berita yang sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalistik yang baik.
Bagi Pengadilan Negeri Bantul, Bimtek ini sangat berguna karena menambah ilmu tentang pengelolaan media utamanya dalam hal fotografi dan videografi serta teknik dalam penulisan berita.

Click to listen highlighted text! Tekan Tombol Speaker