BERITA TERKINI
ARSIP TAHUN : 2017
01 Feb

Kunjungan Studi Ilmiah Mahasiswa Pakuan Bogor


{gspeech}



"Kunjungan studi ilmiah dari Universitas Pakuan Bogor diterima oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bantul Ibu Sri Harsiwi, S.H., M.H."

Kamis, tanggal 17 Desember 2015, Pukul 10.00 wib, Pengadilan Negeri Bantul mendapat kunjungan Mahasiswa dari Fakultas Hukum Universitas Pakuan Bogor sebanyak 97 orang dan 5 orang dosen pembimbing yang dipimpin oleh Ibu Farahdian Siswati, S.H.,M.H. dan diterima secara resmi oleh Ibu Sri Harsiwi, S.H., M.H. Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bantul. Pada kesempatan tersebut Ibu Farahdian Siswati, S.H., M.H. menyampaikan salam hormatnya dari Dekan Fakultas Hukum Universitas Pakuan Bogor kepada Bapak Ketua berserta Keluarga Besar Pengadilan Negeri Bantul dan ucapan terimaksihnya atas diterimanya kunjungan Studi Ilmiah di Pengadilan Negeri Bantul ini. Beliau menyampaikan kunjungan studi ilmiah ini merupakan kegiatan rutin dari Fakultas Hukum Unpak Bogor dan merupakan bagian dari perkuliahan untuk mahasiswa yang sudah menempuh studi 120 SKS dengan mata kuliah Pendidikan dan Latihan Kemahiran Hukum (PLKH). Beliau menyampaikan juga bahwa pada kunjungan studi ilmiah ini mahasiswa ingin mengetahui secara langsung proses persidangan maupun penanganan admintrasi di Pengadilan Negeri Bantul baik perkara pidana maupun perkara perdata dan juga mereka ingin berdiskusi dengan Hakim yang memeriksa perkara. Beliau sampaikan juga bahwa kunjungan study ilmiah ini tidak hanya di Pengadilan Negeri, tetapi juga di Pengadilan Agama, Pengadilan Tata Usaha Negara dan Pengadilan Militer.


"Sambutan Ibu Farahdian Siswati, S.H.,M.H. selaku Ketua Rombongan dari Universitas Pakuan Bogor"

Pada kesempatan tersebut Ibu Sri Harsiwi, S.H., M.H., yang menerima rombongan Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Pakuan Bogor menyampaikan ucapan selamat datang dan permohonan maaf dari Bapak Sutaji, S.H., M.H. Ketua Pengadilan Negeri Bantul yang pada saat bersamaan ada undangan yang tidak bisa ditinggalkan sehingga tidak bisa menerima kunjungan studi ilimiah ini. Pada kesempatan tersebut Ibu Sri Harsiwi, S.H., M.H. memaparkan keadaan perkara-perkara yang sedang ditangani oleh Pengadilan Negeri Bantul, jumlah hakim maupun jumlah pegawai, dan beliau juga mempersilahkan kepada Para Mahasiswa untuk menggali apa yang ingin diketahui di Pengadilan Negeri Bantul ini, baik terhadap administrasi perkara, proses persidangan maupun berdiskusi dengan Hakim yang saat itu diperkenalkan Bapak Supandriyo, S.H., M.H. Selanjutnya beliau berharap agar kunjungan ini bisa menambah wawasan bagi para mahasiswa agar kedepan setelah selesai menempuh studinya sudah siap terjun di dunia kerja.


"Cinderamata dari Universitas Pakuan Bogor"

Pada kesempatan tersebut rombongan juga memberikan cindera mata berupa plakat yang bertuliskan “Ucapan Terima Kasih diberikan kepada : PENGADILAN NEGERI BANTUL Pada acara Kunjungan Ilmiah Pendidikan dan Latihan Kemahiran Hukum Angkatan ke-XLII Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Pakuan Bogor tanggal 16 Desember 2015” dan diterima oleh Ibu Sri Harsiwi, S.H., M.H.


"Diskusi yang dipandu oleh Bapak Supandriyo, S.H., M.H. dengan didampingi oleh perwakilan dari kepaniteraan pidana dan kepaniteraan perdata"

Setelah pemberian cindera mata acara dilanjutkan dengan diskusi yang dipandu oleh Bapak Supandriyo, S.H., M.H. Hakim Pengadilan Negeri Bantul dan juga Dosen pada Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada dan Fakultas Hukum Universitas Ahmad Dahlan. Sebelum diskusi dan Tanya jawab, Bapak Supandriyo, S.H., M.H. memaparkan alur penerimaan perkara perdata yang dimulai dari pendaftaran perkara, penunjukan hakim, penetapan sidang, proses pemeriksaan perkara seperti mediasi, adanya perdamaian, intervensi, putusan sela, pembuktian, pemeriksaan setempat, hingga putusan berkekuatan hukum tetap. Dipaparkan juga mengenai alur perkara pidana, dari awal penyidikan, penahanan, pelimpahan perkara, penetapan hakim hingga tata cara persidangan yang dimulai dari pembacaan dakwaan hingga putusan. Kemudian acara dilanjutkan dengan tanya jawab dan terakhir para mahasiswa dipersilahkan untuk melihat persidangan secara langsung maupun untuk mengetahui administrasi perkara di ruangan masing-masing kepaniteraan. (narti)

{/gspeech}