KEGIATAN PENGADILAN
01 Agu

PEMBUKAAN PERTANDINGAN TENNIS MEJA PERADILAN UMUM SE-WILAYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA


BANTUL, MEDIAPNBTL – Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta, Setyawan Hartono, S.H., M.H. secara resmi telah memulai kompetisi olahraga Tennis Meja yang diikuti oleh perwakilan dari seluruh pengadilan negeri di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, dalam rangka untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan RI dan Ulang tahun Mahkamah Agung di Tahun 2023 ini. Upacara pembukaan diselenggarakan pada selasa, 01 Agustus 2023 di Kantor Pengadilan Tinggi Yogyakarta oleh Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta dan dihadiri oleh seluruh peserta kompetisi dari seluruh Pengadilan Negeri di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dan seluruh pegawai pada Pengadilan Tinggi Yogyakarta. Kompetisi ini rencananya diselenggarakan selama 4 (empat) hari mulai hari selasa hingga hari jumat (04-08-2023)

Pengadilan Negeri Bantul juga turut memeriahkan kompetisi tersebut dengan mengirimkan 6 (enam) perwakilan untuk pemain putra dan 8 (delapan) perwakilan pemain putri. Pertandingan hari pertama dilangsungkan antara pemain Pengadilan Tinggi Yogyakarta, Pengadilan Negeri Wates dan Pengadilan Negeri Bantul.

26 Mei

Pengajian dan Walimatussafar/Pamitan Ibadah Haji Hakim Pengadilan Negeri Bantul


BANTUL, MEDIAPNBTL - Atas izin Allah SWT pada hari Jumat, 26 Mei 2023 seluruh Aparatur Pengadilan Negeri Bantul Kelas I B kembali mengadakan pengajian rutin sekaligus pengantar walimatussafar/pamitan ibadah haji Hakim Pengadilan Negeri Bantul Ibu Dian Yustisia Anggraini,S.H.,M.Hum beserta suami. Acara dibuka oleh YM. Ketua Pengadilan Negeri Bantul Sunoto S.H.,M.H. Sedangkan tausiyah diisi oleh Ustadz Tugimin yang bertempat di Ruang tunggu sidang sisi timur PN Bantul.

 

Dalam tausiyahnya,Ustadz Tugimin menyampaikan ibadah haji harus dilakukan dengan fokus dan istiqomah agar menjadi haji yang mabrur, dimana salah satu tanda mendapatkan haji mabrur adalah menjadi orang yang lebih baik dari sebelumnya. Pengajian rutin ini dilaksanakan dalam rangka mempererat hubungan silaturrahmi serta memperkokoh rohani dan mental keluarga besar Pengdilan Negeri Bantul.

Tausyiah tersebut ditutup dengan doa bersama yang dipandu oleh Ustadz Tugimin dengan khidmat

02 Nov

Kunjungan Peserta Latsar Dari Pusdiklat Litbang-Kumdil MA RI


BANTUL, MEDIAPNBTL - Tim Pusdiklat Manajemen dan Kepemimpinan Badan Litbang Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI melaksanakan Observasi kepada Peserta Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2022 pada tanggal 2 November 2022 di Pengadilan Negeri Bantul. Tim dari Badan Litbang Diklat Kumdil berjumlah 5 (orang) dipimpin oleh Dr H. Zulfahmi, SH., M.Hum. dengan anggota Hastuti, SH., MH., Herlina Ulfa Ningrum,S.Pd., Lusyanti, SH., dan Tantri Yasmin Pertiwi, SE.

Kunjungan di terima oleh Ketua Pengadilan Negeri Bantul Aminuddin, S.H, M.H., Wakil Ketua Kurniawan Wijonarko, S.H., M.Hum dan Sekertaris Yuyun Fithriyah., S.E.Ak. Observasi dilakukan kepada 5 orang peserta Latsar CPNS yakni Baskara Nabla Putra dan Reny Wijayanti (Analis Perkara Peradilan), Fadila Fathul Jannah (Analis Perencana Evaluasi dan Pelaporan), Zahratussalihah (Pengelola Perkara), dan Nova Kristanti Rahayu (Pengelola BMN).

Kegiatan di isi dengan menyampaikan arahan dan masukan dari Tim Observator mengenai kegiatan aktualisasi yang dibuat oleh para peserta LATSAR CPNS. Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi secara aktif dengan para peserta LATSAR CPNS tentang implementasi inovasi aktualisasi yang dilakukan dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat agar dapat menjadi inovasi Pengadilan Negeri Bantul yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi masyarakat, kaum rentan dan penyandang disabilitas sesuai dengan tema LATSAR CPNS Mahkamah Agung RI.

23 Mei

Pembinaan dan Pengawasan Daerah Hakim Tinggi Pengawas Daerah Pengadilan Tinggi Yogyakarta


BANTUL, MEDIAPNBTL - Hakim Tinggi Pengawas Daerah (Hatiwasda) Pengadilan Tinggi Yogyakarta berdasarkan Surat Tugas Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta Nomor W13.U/51/ST/KPT/V/2023 melakukan Pembinaan dan Pengawasan Daerah di Pengadilan Negeri Bantul. Kegiatan pengawasan tersebut dilaksanakan selama 2 (dua) hari yaitu tanggal 22 – 23 Mei 2023.

Pada pengantar kegiatan pembinaan tersebut, YM Bapak Suprabowo, S.H.,M.H. selaku Ketua Tim Pengawas menyampaikan bahwa monitoring kinerja mengacu pada standar Akreditas Penjaminan Mutu dari Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung. Tim Pengawas daerah berjumlah 6 (enam) orang yang terdiri dari watu orang ketua, satu orang sekretaris, tiga orang anggota, dan satu orang pengemudi. 

Kegiatan pengawasan daerah dilaksanakan pada masing-masing area proses mulai dari Top Managemen (pimpinan pengadilan), hingga Bidang Kepaniteraan maupun Bidang Kesekretariatan. Selama pengawasan berjalan dengan baik dan lancar tidak erdpat kendala berarti.

Pada akhir pengawasan disampaikan garis besar dari hasil pengawasan bahwa secara umum bahwa kinerja pelayanan di Pengadilan Negeri Bantul berjalan baik. Pada kesempatan tersebut Ketua Tim terkait inovasi juga menyampaikan pentingnya jemput bola kepada para Aparat Penegak Hukum untuk dapat menggunakan aplikasi e-Berpadu (Elektronik Berkas Pidana Terpadu) Mahkamah Agung RI agar tercapai integrasi berkas pidana terutama pelimpahan berkas. Selain itu disebutkan pula perlunya inovasi-inovasi baru pada Pengadilan Negeri Bantul

06 Okt

Penandatanganan Pakta Integritas


BANTUL, MEDIAPNBTL - Sesuai dengan Surat Edaran Sekretaris Mahkaman Agung Nomor 4 Tahun 2022 tentang Penandatanganan Pakta Integritas, Pengadilan Negeri Bantul menyelenggarakan penandatanganan Pakta Integritas oleh seluruh pegawai Pengadilan Negeri Bantul. Oleh karena itu pada hari Kamis, 06 Oktober 2022 bertempat di Ruang Sidang Utama Ketua, para hakim, para pejabat, tenaga fungsional, administrasi hingga pelaksana mengucapkan ikrar dalam Pakta Integritas secara bersama-sama dan kemudian menandatangani Pakta Integritas tersebut. 

Dalam Surat Edaran Sekretaris Mahkamah Agung Nomor 4 Tahun 2022 ini dinyatakan bahwa sesuai dengan instruksi Pimpinan Mahkamah Agung dalam rangka Reformasi Birokrasi dan Pemberantasan Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme pada Mahkamah Agung  dan Badan Peradilan di Bawahnya, dinilai perlu dilakukan penandatanganan Pakta Integritas bagi seluruh Hakim dan Aparatur Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Bawahnya.

Setelah dilakukan penandatangan oleh seluruh aparatur peradilan di Pengadilan Negeri Bantul, Ketua Pengadilan Negeri Bantul, Amminudin, S.H., M.H. memberikan sambutan/arahan kepada seluruh aparatur. Dalam sambutannya menegaskan bahwa seluruh aparatur Pengadilan Negeri Bantul tidak diperkenankan untuk melakukan praktek Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme, karena itu justru akan merusak diri sendiri. Demikian perintah dari pimpinan Pengadilan Negeri Bantul yang kemudian disetujui oleh seluruh aparatur Pengadilan Negeri Bantul.