KEGIATAN PENGADILAN
16 Mar

Rapat Bulan Maret Pengadilan Negeri Bantul


Bertepatan pada hari Selasa, tanggal 16 Maret 2021 di Pengadilan Negeri Bantul Kelas I B mengadakan Rapat Bulanan untuk Bulan Maret 2021. Dalam Rapat Bulanan tersebut, masing – masing kepaniteraan dan Sub Bagian melaporkan kegiatan mereka pada bulan sebelumnya. Selain itu dalam Rapat tersebut dibahas tentang Pembangunan dan Penilaian Mandiri Pembangunan ZI menuju WBK/WBBM (Sosialisasi Pedoman Kerja/Manual Mutu), permasalahan yang dialami oleh tiap bagian dan Ketua selaku pemimpin rapat memberikan solusi untuk nantinya dapat diimplementasikan sebagai cara memecahkan permasalahan tersebut.

(tw/hnr)

12 Mar

KEGIATAN JUMAT SEHAT DILAKUKAN OLEH WARGA PENGADILAN NEGERI BANTUL


Hari Jumat, 12 Maret 2021, Bertepatan dengan membuka dan meresmikan lapangan baru dibuat di lingkungan Pengadilan Negeri Bantul sehingga peresmian ini disimbolkan oleh warga Pengadilan Negeri Bantul dengan mengadakan kegiatan olahraga volley yang dilakukan pada jam 08.00 – 10.00 WIB, kegiatan ini dinamakan jumat sehat yang bertujuan untuk mengakrabkan dan menyehatkan. Kegiatan Olahraga Volley ini di pimpin oleh Bapak Aminuddin, S.H., M.H Ketua Pengadilan Negeri Bantul.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(tw/hnr)

19 Feb

RAPAT PLENO TIM PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS (ZI)


Pada hari Jumat tanggal 19 Februari 2021 pukul 15.00 WIB bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Negeri Bantul, telah dilaksanakan Rapat Pleno Pembangunan Zona Integritas (ZI), yang dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Bantul Bapak Aminuddin, S.H., M.H. dan dihadiri oleh Wakil Ketua Bapak Mohammad Amrullah, S.H, M.H sebagai Ketua Zona Integritas (ZI) serta Koordinator Area dan seluruh anggota Area Zona Integritas Pengadilan Negeri Negara. Acara langsung masuk ke Rapat yang diisi dengan Penyampaian presentasi dari masing-masing Area dan tanggapan dari Ketua dan Wakil Ketua serta peserta Rapat. Acara rapat dilakukan dengan tetap mematuhi protokol COVID-19. Dalam proses rapat yang dilakukan terdapat masalah yang diselesaikan secara bersama-sama.

Untuk Mencapai apa yang kita harapkan, tentunya Zona Integritas Menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Tahun 2021 , perlu adanya Komitmen dan Kerja Sama semua Jajaran PN Bantul. Hal tersebut harus tertanam dalam diri kita untuk selalu berkomitmen dapat meraih Zona Integritas Menuju WBBM tahun 2021 ini.

(tw/hnr)

22 Feb

PENGADILAN NEGERI BANTUL MENGADAKAN PELATIHAN SERVICE EXCELLENT UNTUK PELAYANAN DARI BANK BTN


Pada hari Senin, tanggal 22 Februari 2021, Bank Tabungan Negara (BTN) cabang Kota Bantul melakukan Pelatihan Service Excellent kepada pegawai pengadilan khususnya petugas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Petugas Keamanan Daerah (PKD) Pengadilan Negeri Bantul. Pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan Pengadilan Negeri Bantul. Pelatihan yang diberikan oleh Ibu Ayun, Service Assurance Bank BTN cabang Kota Bantul berlangsung secara 2 jam dari jam 08.00 – 10.00 WIB yang bertempat di Ruang Sidang Utama. Pelatihan diberikan mulai dari menyambut orang yang datang ke Pengadilan, menanyakan keperluan sampai tata cara penanganan keluhan oleh petugas pengadilan. Ibu Ayun berharap dengan diadakannya pelatihan ini, orang yang datang ke pengadilan menjadi hilang image rasa takut untuk datang ke pengadilan dan merasa seperti dilayani pada saat datang ke bank.


Pelatihan bagi Petugas PTSP ini memang penting untuk dilakukan seperti kita ketahui seorang petugas PTSP pada pengadilan adalah ujung tombak sebuah pengadilan, dimana sebagai seorang petugas PTSP harus dapat menjebatani antara pengadilan dan juga para pencari keadilan/masyarakat dengan baik.  Jika seorang petugas PTSP dapat memberikan kepuasan pada para masyarakat tentunya itu akan menjadi kesuksesan juga bagi pengadilan tersebut. Agar dapat menciptakan keberhasilan tersebut tentunya seorang petugas PTSP termasuk PKD juga harus diberikan pelatihan untuk mendapatkan materi pelatihan pelayanan yang baik.

   

Dengan demikian maka para petugas PTSP & PKD dapat lebih memahami tugasnya seperti memberikan pelayanan yang baik, dapat memberikan penjelasan dengan baik, luwes, dll. Seiring dengan perkembangan zaman yang ada, maka tantangan yang diberikan juga lebih berat. Jika para petugas PTSP berhasil mendapatkan materi pelatihan ini dengan baik, tentunya hal itu dapat memberikan peningkatan kualitas diri para petugas PTSP dan juga dapat memberikan citra yang baik untuk pengadilan.


(tw/hnr)

19 Feb

PUBLIC CAMPAIGN PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS PENGADILAN NEGERI BANTUL DIRANGKAIKAN DENGAN AKSI SOSIAL PEMBAGIAN MASKER


Dalam mewujudkan program Mahkamah Agung RI yaitu pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) pada badan peradilan di bawahnya. Pengadilan Negeri Bantul pada Jum’at tanggal 19 Februari 2021, menggelar Aksi Sosial ditengah Pandemi Covid-19 dengan pembagian masker kepada masyarakat pengguna jalan yang dirangkai dengan kegiatan Public Campaign  “Pangadilan Negeri Bantul Menolak Suap, Pungli dan Gratifikasi, Kawal dan Awasi”. Melalui aksi turun ke jalan tersebut, Pengadilan Negeri Bantul juga mempunyai hajat untuk mengkampanyekan program anti gratifikasi dalam rangka Pembangunan Zona Integritas (public campaign) di Pengadilan Negeri Bantul. Adapun titik lokasi target sasaran direncanakan dua tempat, yakni depan gedung Pengadilan Negeri Bantul dan perempatan Gose untuk jalur dari Utara kearah selatan.

Kegiatan ini bertujuan mensosialisasikan dan menunjukkan komitmen kuat dari Pengadilan Negeri Bantul dalam melakukan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) serta mengajak seluruh Masyarakat untuk ikut mengawali dan mengawasi pembangunan Zona Integritas pada Pengadilan Negeri Bantul. Pada kegiatan tersebut seluruh keluarga besar Pengadilan Negeri Bantul ikut serta dalam pembagian Stiker kampanye anti korupsi dan Gratifikasi serta pembagian Masker pada masyarakat pengguna jalan. Selama proses aksi berjalan dengan lancar dan tertib serta disambut antusias oleh Masyarakat Kota Bantul, khususnya para pengendara atau pengguna jalan yang tidak menggunakan masker. Selain itu tujuan mengkampanyekan anti gratifikasi dalam rangka pembangunan zona integritas Pengadilan Negeri Bantul juga tersampaikan dengan baik.

Setelah rencana aksi selesai, seluruh hakim dan pegawai Pengadilan Negeri Bantul Kembali ke kantor guna melaksanakan tugas sebagaimana biasanya.

 

(tw/hnr)