BERITA TERKINI
12 Des

Anugerah ABHINAYA UPANGGA WISESA Pengadilan Negeri Bantul


BANTUL, MEDIAPNBTL – Untuk menciptakan semangat berinovasi serta meningkatkan integritas Aparatur Peradilan dalam rangka memberikan pelayanan publik yang berkualitas kepada masyarakat pencari keadilan, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum menyelenggarakan beberapa lomba. Salah satu lomba yang diikuti oleh Pengadilan Negeri Bantul adalah Lomba Adminitrasi Perkara dan Keuangan Perkara.

Hingga akhir penilaian, Pengadilan Negeri Bantul mendapatkan undangan Anugerah Abhinaya Upangga Wisesa dan Penyeraan Penghargaan Peningkatan Kinerja Peradilan Umum yang di selenggarakan di Kabupaten Jember bertempat di Pendopo Wahyawibawagraha Bupati Jember. Penyerahan penghargaan juga diiringi dengan rangkaian acara Pembinaan Pimpinan Mahkamah Agung secara virtual, yaitu pada senin 11 Desember 2023.

Berdasarkan SK Dirjen Badan Peradilan Umum Nomor 1817/DJU/SK.TI2.1.2/XI/2023 tentang Penetapan Pemenang Lomba Bagi Satuan Kerja di Lingkungan Peradilan Umum Tahun 2023 Pengadilan Negeri Bantul mendapatkan peringkat III pada lomba Administrasi Perkara dan Keuangan Perkara untuk kategori Pengadilan Negeri Kelas IB.

Dari Pengadilan Negeri Bantul, hadir dalam penyerahan penghargaan tersebut adalah Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bantul Bapak Kurniawan Wijonarko, S.H. M.Hum. dan Hakim Bapak Eko Arief Wibowo, S.H., M.H. sekaligus mengikuti Pembinaan Pimpinan Mahkamah Agung. Piagam Penghargaan diserahkan langsung oleh Ketua Mahkamah Agung Bapak Prof. Dr. H Muhammad Syarifuddin, S.H., M.H.

Dalam pembinaannya, Ketua Mahkamah Agung menyampaikan bahwa dalam rangka pelayanan kepada masyarakat, dukungan Teknologi Informasi sangat berperan penting dalam rangka memberikan pelayanan tersebut. Oleh karena itu Mahkamah Agung akan terus meningkatkan pemanfaatan Teknologi Informasi tersebut, walaupun tenaga atau Sumber Daya Manusia di bidang Teknologi Informasi masih sangat terbatas.  

Semoga dengan adanya penghargaan ini menjadikan Pengadilan Negeri Bantul untuk lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan tugas dan fungsinya.

10 Nov

Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Pengadilan Negeri Bantul


BANTUL, MEDIAPNBTL - Pengadilan Negeri Bantul menyelenggarakan upacara peringatan Hari Pahlawan yang dilaksanakan pada tanggal 10 November 2023 pukul 08.00 WIB bertempat di Halaman Kantor Pengadilan Negeri Bantul.

 Pada penyelenggaraan upacara peringatan ini selaku Pembina upacara adalah Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bantul, Kurniawan Wijonarko, S.H.,M.Hum dan  pemimpin upacara adalah Aang Prabowo,S.H, Panitera Pangganti Pengadilan Negeri Bantul. Upacara diikuti oleh seluruh hakim dan pegawai Pengadilan Negeri Bantul.

 Tema hari pahalawan tahun 2023 ini adalah “Semangat Pahlawan Untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”. Di dalam isi Amanat Menteri Sosial disampaikan bahwa tema ini diangkat untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata. Mengingat kita merupakan pasar yang besar dan dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa.

 Masuk juga dalam rangkaian acara upacara yaitu pembacaan pasan-pesan Pahlawan diantaranya Pahlawan Abdul Muis, Ki Hajar Dewantara, Dokter Cipto Mangunkusumo, Tjut Nyak Dien, Gubernur Suro, R.A. Kartini, Jend. Soedirman, dll.

 Rangkaian acara Upacara Hari Pahlawan 10 November di Tahun 2023 yang dilaksanakan di Pengadilan Negeri Bantul berjalan dengan lancar.

18 Okt

Lolos Penilaian Tahap I Lomba Administrasi Perkara, Tim Penilai dari Dirjen Badilum Kunjungi PN Bantul


BANTUL, MEDIAPNBTL – Untuk menciptakan semangat berinovasi serta meningkatkan integritas Aparatur Peradilan dalam rangka memberikan pelayanan publik yang berkualitas kepada masyarakat pencari keadilan, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum menyelenggarakan beberapa lomba. Salah satu lomba yang diikuti oleh Pengadilan Negeri Bantul adalah Lomba Adminitrasi Perkara dan Keuangan Perkara.

Berdasarkan Surat Dirjen Badilum Nomor 1017/DJU/HM02.3/7/2023 tentang Pengumuman Penilaian Tahap I Lomba Satuan Kerja di Lingkungan Peradilan Umum Tahun 2023, Pengadilan Negeri Bantul lolos untuk maju ke Tahap II Lomba Administrasi Perkara dan Keuangan Perkara. Penilaian Tahap II dilakukan dengan kunjungan langsung oleh Tim Penilai dari Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum.

Pada hari Selasa 17 Oktober 2023, dengan beranggotakan 3 (tiga) orang personel, Tim Penilai Lomba Administrasi Perkara dan Keuangan Perkara dari Dirjen Badilum melaksanakan tugas penilaian dengan kunjungan langsung ke Pengadilan Negeri Bantul. Ketiga tim tersebut adalah Bpk. Junaedi Kamaludin, S.E., M.Si, Marthinalova Noll, S.Kom., dan Putut Saptoaji Mahendra, A.Md.

Sebelum melaksanakan penilaian, Tim disambut oleh Ketua Pengadilan Negeri Bantul, Bpk Sunoto, S.H., M.H. didampingi oleh Panitera Bpk. Sigit Indriyatno, S.H., M.H. di Ruang kerja Ketua. Kegiatan penilaian kemudian dilanjutkan dengan melakukan kunjungan ke masing-masing unit kepaniteraan yaitu kepaniteraan perdata serta keuangan perkara, kepaniteraan pidana dan kepaniteraan hukum serta ruang arsip. Selama penilaian, pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan seperti biasa dan penilaian di Pengadilan Negeri Bantul ini berjalan dengan lancar.

Diharapkan dengan adanya penilaian ini menjadikan Administrasi Perkara dan Keuangan Perkara Pengadilan Negeri Bantul menjadi semakin baik. Apabila pada tahun sebelumnya Pengadilan Negeri Bantul dapat meraih predikat Juara III pada lomba yang sama, maka di tahun ini dapat meningkatkan prestasi menjadi lebih baik.

26 Okt

Tim Hatiwasda Kunjungi Pengadilan Negeri Bantul


BANTUL, MEDIAPNBTL – Hakim Tinggi Pengawas Daerah (Hatiwasda) dari Pengadilan Tinggi Yogyakarta melaksanakan pengawasan reguler di Pengadilan Negeri Bantul pada 24-25 Oktober 2023. Tim pengawasan daerah dilaksanan berdasarkan Surat Tugas Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta nomor 155/KP.W13.U/DL1.10//2023, menugaskan tim yang berjumlah 7 (tujuh) orang dan diketuai oleh Hakim Tinggi yaitu Bpk. Sutadi Widayanto, S.H., M.Hum.

Tim Hatiwasda disambut di Pengadilan Negeri Bantul oleh Ketua Pengadilan Negeri Bantul, Sunoto, S.H., M.H. dan setelah itu segera dilakukan pengawasan dan pembinaan pada masing-masing entitas di Pengadilan Negeri Bantul, mulai dari pimpinan hingga pelaksana  berdasarkan pedoman dari Badan Peradilan Umum MA RI.

Pengawasan dilaksanakan selama 2 (dua) hari dan berjalan dengan lancar tanpa ada kendala. Setelah selesai melaksanakan pengawasan pada masing-masing entitas, temuan-temuan atau koreksi kemudian di bacakan/di ekspose oleh ketua Tim Hatiwasda pada hari kedua pengawasan di ruang sidang utama dan dihadiri oleh seluruh pegawai yang tidak sedang melaksanakan pelayanan kepada masyarakat.

Hasil temuan kemudian diserahkan  kepada Ketua Pengadilan Negeri Bantul untuk segera dilakukan Tindak Lanjut Atas Hasil Pengawasan dalam waktu yang tidak terlalu lama. Dalam sambutannya Ketua Tim menyampaikan bahwa temuan yang ada hanya temuan yang bersifat kecil atau minor dan juga menyampaikan terima kasih.

Semoga dengan adanya pengawasan ini menjadikan Pengadilan Negeri Bantul semakin baik dan dapat memberikan layanan yang terbaik untuk pengguna pengadilan.

 

02 Okt

SOSIALISASI SURAT KEPUTUSAN KETUA MAHKAMAH AGUNG RI NOMOR 131/KMA/SK/VII/2023 TENTANG TATA NASKAH DINAS MAHKAMAH AGUNG RI DAN BADAN PERADILAN DI BAWAHNYA


BANTUL, MEDIAPNBTL – Dengan berlakunya Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 131/KMA/SK/VII/2023 tentang Tata Naskah Dinas Mahkamah Agung RI dan Badan Peradilan Di Bawahnya maka sebagai salah satu tindak lanjut atas Keputusan tersebut adalah diadakannya sosialisasi.

Ketua Pengadilan Negeri Bantul kemudian menyelenggarakan sosialisasi atas Keputusan tersebut kepada jajaran Kepaniteraan dan Kesekretariatan pada senin, 02 Oktober 2023 di Ruang Media Center Pengadilan Negeri Bantul. Diundang dalam sosialisasi tersebut adalah Wakil Ketua, Panitera, Sekretaris, Para Panitera Muda, serta Pada Kasubbag.

Paparan mendetail disampaikan oleh Kasubbang Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana, Arier Noor Rahman, dimana dalam Keputusan tersebut terdapat pembaruan-pembaruan terkait tata naskah untuk Naskah Dinas Arahan (Pengaturan, Penetapan, Penugasan), Naskah Dinas Korespondensi (Internal dan eksternal), dan Naskah Dinas Khusus seperti Mou, Berita Acara, Surat Keterangan, Laporan dll.

Selain paparan terhadap Keputusan tersebut, juga disampaikan template dan pedoman khususnya untuk tata cara penomoran naskah dinas yang baru sesuai dengan Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 131/KMA/SK/VII/2023 ini.