BERITA TERKINI
02 Okt

UPACARA PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA TAHUN 2023


BANTUL, MEDIAPNBTL – Menindaklanjuti arahan Ketua Mahkamah Agung pada surat SEKMA Nomor 2660/SEK/HM3.1.1/IX/2023 tentang Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023, Pengadilan Negeri Bantul menyelenggarakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada tanggal 02 Oktober 2023 pukul 08.00 WIB bertempat di Halaman Kantor Pengadilan Negeri Bantul.

Pembina upacara adalah Ketua Pengadilan Negeri Bantul Bapak Sunoto,S.H.,M.H dan upacara dipimpin oleh Supriyadi. Upacara dihadiri oleh seluruh hakim dan seluruh pegawai Pengadilan Negeri Bantul.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 ini mengusung tema “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju”. Tema ini menjelaskan harapan bahwa dengan adanya peringatan hari Kesaktian Pancasila ini, bangsa Indonesia membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Upacara berlangsung dengan lancar dan khidmat.

27 Sep

DHARMAYUKTI KARINI CABANG BANTUL RAIH JUARA I LINE DANCE PERINGATAN HARI ULANG TAHUN DHARMAYUKTI KARINI XXI TAHUN 2023


BANTUL, MEDIAPNBTL - Keluarga besar Dharmayukti Karini Cabang Bantul memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun Dharmayukti Karini ke 21 yang diselenggarakan oleh Pengurus Daerah Dharmayukti Karini Provinsi DIY bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Tinggi Yogyakarta, 26 September 2023. Acara dimulai pukul 08.00 WIB diawali dengan sambutan dari Ibu Ketua Daerah DyK Provinsi DIY Ny.Ir. Siti Subkhaeni Setyawan Hartono dilanjutkan sambutan dari Pelindung DYK (Dharmayukti Karini) Provinsi DIY Setyawan Hartono, S.H.,M.H.

HUT DYK XXI tahun 2023 mengambil tema “Dengan Semangat Hari Ulang Tahun XXI Dharmayukti Karini Mendukung Sikap Moral dan Menjunjung Tinggi Integritas Insan Peradilan”. Tema tersebut mengisyaratkan sebuah pesan bagi kita semua tentang pentingnya menjunjung tinggi integritas bagi seluruh insan peradilan.

Rangkaian peringatan HUT Dyk XXI sebelumnya telah diselenggarakan lomba line dance “Koyo Jogya Istimewa” yang diikuti oleh DYk Cabang Kota Yogyakarta, Cabang Sleman, Cabang Bantul, Cabang Wates dan Cabang Wonosari. DYK Cabang Bantul berhasil meraih juara 1 lomba line dance “Koyo Jogya Istimewa” yang diumumkan dalam acara tersebut dan menampilkan karya terbaiknya dihadapan para tamu undangan. Dalam acara tersebut masing-masing cabang juga menampilkan berbagai karya, seperti vocal grup, line dance, fashion show dan bazar.

Acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan kue ulang tahun Dharmayukti Karini yang ke 21 serta pemberian kue kepada para ketua daerah. Acara berlangsung dengan sangat meriah.

Acara ditutup dengan foto bersama semua pengurus dan anggota Dharmayukti Karini Daerah Povinsi DIY.

 

19 Sep

Menilai Kesiapan Tanggap Bencana, BPBD Kunjungi Pengadilan Negeri Bantul


BANTUL, MEDIAPNBTL – Pada hari ini, Selasa, 19 september 2023, Pengadilan Negeri Bantul mendapatkan kunjungan dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Bantul dalam rangka untuk melakukan inspeksi terkait kesiapan lembaga pelayanan publik dalam penanggulangan resiko bencana.

Kunjungan Tim dari BPBD diterima secara resmi oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bantul, Bapak Kurniawan Wijonarko, S.H., M.Hum., di Ruang Media Center Pengadilan Negeri Bantul, didampingi oleh Sekretaris, Kasubbag Umum dan Keuangan serta petugas siaga bencana internal Pengadilan Negeri Bantul.

Monitoring ini dilaksanakan dengan melakukan pengecekan terhadap alat-alat keselamatan/ penanggulangan bencana seperti ketersediaan dan spesifikasi APAR (Alat Pemadam Api Ringan), ketersediaan alarm/penanda bencana, atau sensor panas di Pengadilan Negeri Bantul.

Dengan adanya kunjungan ini diharapkan Pengadilan Negeri Bantul sebagai salah satu lembaga pelayanan publik dapat lebih siap apabila terjadi bencana serta terjalin koordinasi yang lebih baik lagi dengan BPBD Kabupaten Bantul.

22 Sep

PERESMIAN POSKO PENYALURAN AIR BERSIH DAN BAKTI SOSIAL DI GUNUNGKIDUL


BANTUL, MEDIAPNBTL – Kondisi musim kemarau di Daerah Istmewa Yogyakarta menyebabkan beberapa daerah di wilayah hukum Daerah Istimewa Yogyakarta, yaitu daerah Kabupaten Gunungkidul yang mengalami kekurangan persediaan air. Hal ini mendapatkan perhatian dari Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta Bapak Setyawan Hartono, S.H., M.H. yang kemudian bermaksud memberikan bantuan droping air bersih untuk daerah yang kekurangan.

Oleh karena itu pada jumat, 22 September 2023 diselenggarakan kegiatan Peresmian Posko dan Bakti Sosial Penyaluran Air Bersih Pengadilan Tinggi Yogyakarta dan Pengadilan Negeri Se-Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Yogyakarta bertempat di Kantor Pengadilan Negeri Wonosari.

Diundang dalam acara tersebut adalah Ketua Pengadilan Negeri se-wilayah DIY, Kepala BPBD Kabupaten Gunungkidul, para Kepala desa yang menjadi titik droping air bersih. Untuk Pengadilan Negeri Bantul dihadiri oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bantul, Bapak Kurniawan Wijonarko, S.H., M.Hum.

Dalam acara peresmian tersebut, sambutan disampaikan oleh Ketua Pengadilan Negeri Wonosari sebagai Tuan Rumah Posko Penyaluran Air, Kepala BPBD Kabupaten Gunungkidul selaku Penyalur, dan Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta selaku penyelenggara kegiatan. Dalam sambutannya, Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta, Setyawan Hartono, S.H. M.H. menyampaikan bahwa lembaga peradilan ini juga ingin dekat dengan masyarakat, sehingga lembaga hukum ini selain menangani permasalahan hukum saja juga membangun kepedulian atas apa yang dirasakan oleh masyarakat. Dan terselenggaranya penyaluran air bersih ini adalah atas partisipasi dan kepedulian seluruh warga Pengadilan Negeri di seluruh wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Beliau juga menyatakan bahwa kegiatan penyaluran air bersih ini juga akan bersifat kontinyu hingga datang musim penghujan. Oleh karena itu Ketua Pengadilan Tinggi juga menyampaikan terimakasih kepada para pimpinan di Pengadilan Negeri se-wilayah DIY atas partisipasinya dalam penyaluran air bersih.

Kegiatan pada hari ini diakhiri dengan pemberangkatan Truk Tangki yang berisi air di depan Posko Penyaluran Air Bersih. Penyaluran tahap pertama ini akan dilaksanakan di Desa/Dusun Legundi, Monggol dan Tungu.

08 Sep

Penandatanganan MoU Mediator Non Hakim pada Pengadilan Negeri Bantul


BANTUL, MEDIAPNBTL – Ketua Pengadilan Negeri Bantul, Sunoto, S.H., M.H., bertempat di Ruang Media Center Pengadilan Negeri Bantul melakukan perjanjian kerjasama / Memorandum of Understanding (MoU) dengan mediator yang bukan dari Hakim (mediator non hakim). Sebagaimana diketahui bahwa selain Hakim, fungsi mediasi terhadap perkara perdata di Pengadilan juga dapat dilaksanakan oleh seorang mediator yang telah mempunyai sertifikat mediator dan memiliki keahlian sebagai seorang mediator.

Pada hari jumat, 08 September 2023 Pengadilan Negeri Bantul telah menandatangani perjanjian kerjasama dengan 4 (empat) orang mediator dari 6 (enam) mediator yang ingin bekerjasama dengan Pengadilan Negeri Bantul. 2 (dua) mediator yang belum bertandatangan MoU akan dilaksanakan pada kesempatan berikutnya.

Dalam PERMA nomor 1 Tahun 2016 bahwa sengketa perdata yang diajukan ke Pengadilan terlebih dahulu diupayakan penyelesaian melalui mediasi. Dengan demikian mediasi juga merupakan salah satu cara penyelesaian perkara yang mudah cepat dan berbiaya ringan, karena tidak perlu untuk melalui proses pemeriksaan di persidangan.

Dengan adanya perjanjian kerjasama ini diharapkan semkin banyak sengketa keperdataan yang dapat diselesaikan melalui proses mediasi sehingga terjadi kesepakatan perdamaian tanpa melalui proses pemeriksaan di persidangan.