BERITA TERKINI
04 Sep

Pengadilan Negeri Bantul dan Pemerintah Kabupaten Bantul Tanda Tangani MoU Mall Pelayanan Publik


BANTUL, MEDIAPNBTL – Pengadilan Negeri Bantul melakukan Penandatanganan Naskah Kerjasama Mall Pelayanan Publik (MPP) dengan Pemerintah Kabupaten Bantul. Penandatanganan kerjasama ini merupakan bentuk inovasi antara Pemkab Bantul bersama dengan Pengadilan Negeri Bantul dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Bantul terintegrasi satu pintu dengan pelayanan prima melalui layanan Mall Pelayanan Publik.

Penandatanganan MOU dilakukan di Ruang Kerja Bupati Bantul pada hari Senin, 04 September 2023 dihadiri oleh Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih beserta jajaran terkait diantaranya Wakil Bupati, Sekda, Asisten pemerintahan, Kepala Dinas Dukcapil, Kepala Dinas PM dan PTSP Kabupaten Bantul dan tim lainnya, sedangkan Ketua PN Bantul Sunoto,S.H.,M.H didampingi oleh Panitera PN Bantul Sigit Indriyatno, S.H.,M.H, Sekertaris PN Bantul Yuyun Fithriyah, S.E.Ak dan seluruh pejabat yang berkompeten.

Penandatanganan MoU MPP juga dilakukan oleh Kepolisian Resor Bantul dengan Pemkab Bantul.

Ketua PN Bantul Sunoto,S.H.M.H, mengemukakan dalam sambutannya, hadirnya Pengadilan Negeri Bantul dalam Mall Pelayanan Publik harapannya mampu mengikis layanan publik yang identik dengan menyita waktu, antrian panjang, praktik percaloan dan minimnya informasi layanan. Kehadiran MPP dapat menjadi sebuah ekskalasi atas pelayanan prima seluruh instansi penyelenggara pelayanan publik.

Menyambut dalam acara penandatanganan tersebut, Bupati Bantul juga menyatakan jajaran pemerintahan baik SKPD, Instansi vertikal, maupun kepolisian harus dapat mengimbangi kondisi kebutuhan dan layanan masyarakat saat ini yang semakin cepat pada berbagai aspek kehidupan. Oleh karena itu diharapkan dengan adanya perjanjian ini dapat menjadi solusi layanan yang cepat dan mudah kepada masyarakat pada umumnya dan masyarakat di Kabupaten Bantul pada khususnya.

28 Agu

Nonton Bareng Pagelaran Wayang Kulit Dalam Rangka HUT MARI ke-78


BANTUL, MEDIAPNBTL - Pada hari Jumat, 25 Agustus 2023 bertempat di Pengadilan Negeri Bantul, diselenggarakan acara nonton bareng live streaming Pagelaran Wayang Kulit Lakon Semar Mbangun Khayangan dalam rangka memperingati HUT ke -78 Mahkamah Agung Republik Indonesia. Acara ini menindaklanjuti surat undangan dari Sekertaris Mahkamah Agung RI Nomor 1411/SEK/UND.KP5.4/VIII/2023 tanggal 8 Agustus 2023 demi mensukseskan pemecahan rekor MURI pagelaran wayang kulit yang ditonton oleh empat lingkungan Badan Peradilan Seluruh Indonesia. Acara disiarkan langsung dari Gedung Mahkamah Agung Jakarta dan dibuka secara resmi oleh Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. H.M Syarifuddin, S.H., M.H.

Acara ini dihadiri oleh Ketua Pengadilan Negeri Bantul Sunoto,S.H.,M.H, Wakil Ketua Kurniawan Wijonarko, S.H.,M.Hum, Para Hakim, Panitera, Sekertaris dan segenap warga Pengadilan Negeri Bantul.

Turut hadir dalam acara tersebut Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih beserta jajaran FORKOPIMDA Kab.Bantul. Ketua, Wakil Ketua dan Sekertaris Pengadilan Agama Bantul, Kepala Rutan Bantul, Sekertaris Daerah Bantul, turut hadir dalam acara tersebut.

Sebelum pagelaran wayang kulit dimulai, hadirin menyaksikan film Pesan Bermakna Jilid III yang mengisahkan perjuangan seorang hakim dalam menjaga integritas dan kredibilitas untuk memperjuangkan keadilan. Film ini dirilis oleh Mahkamah Agung RI dalam memperingati HUT MARI ke-78. Kemudian dilanjutkan acara inti nonton bareng Pagelaran Wayang Kulit dengan dalang Ki Dr.H.Yanto SK,S.H.,M.H (Panitera Muda Pidana Umum Mahkamah Agung), Ki MPP.Bayu Aji Pamungkas, Ki Sri Kuncoro (Brimob) dan Ki Harso Widisantoso (Mayor Laut).

Acara berlangsung dengan lancar dan meriah serta larut dalam kebersamaan dan kegembiraan dalam merayakan moment bersejarah bagi lembaga peradilan.

17 Agu

Ketua Pengadilan Negeri Bantul Menjadi Inspektur pada Upacara Ziarah Ke Taman Makam Pahlawan Pada Rangkaian Peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2023


BANTUL, MEDIAPNBTL – Dalam rangkaian acara "PERINGATAN HARI ULANG TAHUN ke-78 PROKLAMASI KEMERDEKAAN RI TAHUN 2023" pada tanggal 17 Agustus 2023 di Kabupaten Bantul, Ketua Pengadilan Negeri Bantul, Bapak SUNOTO,S.H.M.H., dipercaya menjadi Inspektur Upacara dalam acara ZIARAH di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa Jalan Parangtritis Patalan Jetis Bantul.

Upacara ziarah berlangsung dengan khidmat. Setelah upacara diakhiri dengan tabur bunga pada makam para pahlawan kemerdekaan.

     

    

21 Agu

Upacara Peringatan HUT Mahkamah Agung RI Ke 78 di Pengadilan Negeri Bantul


BANTUL, MEDIAPNBTL - Pengadilan Negeri Bantul menyelenggarakan upacara peringatan HUT Mahkamah Agung Republik Indopnesia ke-78 yang dilaksanakan pada tanggal 19 Agustus 2023 pukul 08.00 WIB bertempat di Halaman Kantor Pengadilan Negeri Bantul.

Pada penyelenggaraan upacara peringatan ini selaku Pembina upacara adalah Ketua Pengadilan Negeri Bantul, Sunoto,S.H.,M.H dan  pemimpin upacara adalah Cahya Mulyanto,S.H, Jurusita Pengadilan Negeri Bantul. Upacara diikuti oleh seluruh hakim dan pegawai Pengadilan Negeri Bantul, perwakilan dari anggota Dharmayukti karini serta para mahasiswa yang magang di Pengadilan Negeri Bantul.

Di dalam isi pidato HUT Mahkamah Agung RI yang ke-77, Mahkamah Agung memilih tema Tingkatkan Integritas Menuju Peradilan Yang Agung. Tema tersebut mengandung pesan mendalam, bahwa integritas adalah tolok ukur yang utama dalam mewujudkan Badan Peradilan Yang Agung. Integritas adalah tiang penyangga bagi tegaknya sebuah keadilan sehingga perlu adanya kesadaran dari segenap insan peradilan tentang pentingnya merawat integritas dalam setiap menjalankan tugas dan tanggung jawab yang telah diamanatkan negara kepada insan peradilan.

 Setelah upacara selesai dilanjutkan dengan memberikan Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya Ke-30 Tahun kepada Jurusita PN Bantul, Bapak Suradal. Selain itu penghargaan Satya Lencana Karya Satya ke -20 tahun kepada Hakim PN Bantul, Ibu Dwi Melaningsih Utami,S.H.M.Hum. Penghargaan Satya Lencana Karya Satya ke 10 tahun Panitera Pengganti Ibu Laila Kirfah,S.H dan Jurusita Pengganti Bapak Mohammad Jazuri. Penerima penghargaan Satya Karya Dwi Windu Bapak Sigit Subagyo,S.H.M.H, Ibu Dian Yustisia Anggraini,S.H.M.Hum, dan Bapak Anjar Dwiyanto,S.H. Piagam kepada masing-masing diserahkan oleh Ketua Pengadilan Negeri Bantul Sunoto S.H.,M.H.

Acara dilanjutkan dengan ramah tamah serta pembagian hadiah lomba HUT RI dan HUT MA ke -78 yang telah diselenggarakan sebelumnya diiringi dengan lantunan musik organ tunggal. Rangkaian acara peringatan HUT MARI ke -78 berjalan dengan lancar.

17 Agu

Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 di Pengadilan Negeri Bantul


BANTUL, MEDIAPNBTL – Pengadilan Negeri Bantul menyelenggarakan upacara pengibaran bendera untuk memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 yang dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2023 pukul 07.15 WIB bertempat di Halaman Kantor Pengadilan Negeri Bantul.

Pada penyelenggaraan upacara bendera ini selaku Pembina upacara adalah Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bantul, Kurniawan Wijonarko, S.H., M.Hum dan  pemimpin upacara adalah Sapta Widada, Petugas Keamanan Dalam (PKD) Pengadilan Negeri Bantul. Pengibaran Bendera Merah Putih dilakukan oleh petugas pengibar yaitu Fadila Fathul Jannah, Hedwigis Della Deflorencia, dan Meylina Selistyawati. Sedangkan Peserta upacara adalah seluruh hakim dan pegawai Pengadilan Negeri Bantul dan perwakilan dari anggota Dharmmayukti karini serta para mahasiswa yang magang di Pengadilan Negeri Bantul .

Upacara berjalan dengan lancar dan khidmat mulai dari awal hingga akhir penyelenggaraan upacara. Rangkaian acara upacara bendera dilalui dengan lancar tanpa ada kendala. Meskipun sebelum acara upacara dilaksanakan sempat turun hujan gerimis di daerah kantor Pengadilan Negeri Bantul, namun saat pelaksanaan upacara terlaksana dalam cuaca yang cerah.