BERITA TERKINI
28 Okt

Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-94 28 Oktober 2022


BANTUL, MEDIAPNBTL – Pengadilan Negeri Bantul menyelenggarakan peringatan Sumpah Pemuda Ke-94 Tahun 2022 ini dengan upacara yang diadakan pada jumat (28 Oktober 2022) di Halaman Kantor Pengadilan Negeri Bantul Jl. Prof, Dr. Soepomo, S.H. Nomor 4 Bantul, dengan Pembina Upacara adalah Ketua Pengadialn Negeri Bantul Bapak Aminuddin, S.H., M.H.

Tema yang diusung dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2022 ini adalah “Bersatu Bangun Bangsa”. Naskah sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga dibacakan oleh Pembina Upacara. Dalam sambutan tersebut bahwa Peran Pemuda dalam memelopori membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan. Peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa.

“Marilah kita jadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-94 ini sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kita bersama membanguna bangsa” merupakan kutipan naskah pidato Menteri Pemuda dan Olahraga sebagai pemutup dari naskah sambutan Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022.

28 Okt

Pengawasan Daerah dari Pengadilan Tinggi Yogyakarta


BANTUL, MEDIAPNBTL – Rabu (26/10/2022) Pengadilan Negeri Bantul menerima kunjungan Tim Hakim Tinggi Pengawas Daerah Pengadilan Tinggi Yogyakarta untuk melaksanakan tugas dari Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta, untuk melaksanakan pengawasan rutin pada Pengadilan Negeri Bantul. Di dalam surat tugasnya kegiatan Pengawasan ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari, yaitu Rabu (26/10/2022) dan Kamis (27/10/2022).  Tim ini berjumlah 4 (empat) orang yang di ketuai oleh Bpk. Agus Sutarno, S.H., M.H., Hakim Tinggi pada Pengadilan Tinggi Yogyakarta.

Pembukaan kegiatan pengawasan ini dilaksanaan di Ruang Sidang Utama Pengadilan Negeri Bantul diikuti oleh seluruh pegawai kecuali yang sedang menjalankan tugas pelayanan dan persidangan.  Acara diawali dengan Menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung,  sambutan Ketua Pengadilan Negeri Bantul, serta sambutan dan pembinaan dari Ketua Tim.

Dalam sambutannya, Bpk Agus Sutarno, S.H., M.H. menyampaikan bahwa dalam Pengawasan reguler kali ini akan menitikberatkan pada hal-hal terentu terkait dengan pelayanan dan administrasi perkara. Ketua Pengadilan Negeri Bantul, Bpk. Aminuddin, S.H., M.H., menyampaikan bahwa segala temuan yang ada dianggap sebagai sebuah kesalahan karena dengan adanya kesalahan itu justru akan dilakukan berbaikan ke depannya dan akan meningkatkan kinerja di Pengadilan Negeri Bantul.

Dengan selesainya acara Pembukaan berarti pelaksanaan kegiatan pengawasan secara resmi telah dimulai. Kegiatan berjalan selama 2 (dua) hari berlangsung dengan lancar dan tidak terdapat kendala yang berarti.  

Selesai pengawasan pada hari kedua, Tim Pengawas berkenan untuk menyampaikan hasil pengawasan. Pemaparan hasil temuan dilaksanakan di Ruang sidang Utama dan dibacakan oleh Bpk. Jaka Muhamat Nurhasan, S.H., M.H., salah satu anggota Tim Pengawas. Terhadap hasil temuan tersebut langsung ditanggapi oleh Ketua Pengadilan Negeri Bantul.

Acara diakhiri dengan foto bersama Tim Hakim Tinggi Pengawasn Daerah Pengadilan Tinggi Yogykarta untuk Pengadilan Negeri Bantul.

 

 

 

 

12 Okt

TLHP Surveilan APM


Tindak Lanjut Hasil Surveilan dapat didownload pada link berikut:

Attachments:
Download this file (Before dan After Tindak Lanjut Hasil Surveilan_compressed.pdf)TLHP Surveilan APM Tahun 2022[.pdf]1007 kB
25 Okt

PENGUCAPAN 8 NILAI UTAMA PADA SETIAP APEL


BANTUL, MEDIAPNBTL – Setiap hari senin pagi Pengadilan Negeri Bantul selalu menyelenggarakan apel untuk seluruh pegawai Pengadilan Negeri Bantul. Seluruh jajaran pegawai Pengadilan Negeri Bantul sudah siap untuk melaksanakan apel pagi begitu jam menunjukkan pukul 08.00 WIB.

Dan sudah menjadi agenda acara pokok dalam setiap apel adalah pembacaan 8 nilai utama Mahkamah Agung. Diantaranya adalah:

  1. Kemandirian,
  2. Integritas,
  3. Kejujuran,
  4. Akuntabilitas,
  5. Responsibilitas,
  6. Keterbukaan,
  7. Ketidakberpihakan,
  8. Perlakukan yang sama di hadapan hukum.

Dengan pengucapan ini diharapkan nilai-nilai tersebut dapat terinternalisasi pada setiap pegawai di Pengadilan Negeri Bantul. Sehingga apabila setiap aparat peradilan sudah melaksanakan nilai-nilai tersebut dalam pelaksanaan tugas sehari-hari maka hal ini akan sejalan dengan penerapan Zona Integritas dimana secara konsep bahwa Integrity atau integritas diartikan sebagai sikap ataupun budaya yang menunjukkan konsistensi antara perkataan dan perbuatan serta sikap untuk menolak segala tindakan tercela yang dapat merugikan diri dan instansinya. Adapun zona atau island digambarkan dengan unit-unit instansi pemerintah yang telah menanamkan nilai integritas di dalamnya.

 

 

23 Agu

Peringatan HUT Mahakamah Agung RI ke-77 di Pengadilan Negeri Bantul


BANTUL, MEDIAPNBTL – Setiap tanggal 19 Agustus merupakan hari yang istimewa bagi instansi Mahkamah Agung dan seluruh jajaran 4 (empat) Badan Peradilan di bawahnya karena lembaga peradilan Indonesia ini memperingati Hari Jadi Mahkamah Agung. Mulai dari Peradilan Umum, Peradilan Agama, Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara (TUN) turut memeriahkan perayaan hari ulang tahun. dan pada thun 2022 ini Mahkamah Agung telah berusia 77 Tahun. Oleh karena itu pada hari jumat (19/08/2022) Pengadilan Negeri Bantul memperingati hari ulang tahun mahkamah agung  dengan berbagai kegiatan.

Peringatan hari ulang tahun Mahkamah Agung di Pengadilan Negeri Bantul dimulai dengan menyeleggarakan upacara yang dimulai pukul 07.30 WIB di Halaman Kantor Pengadilan Negeri Bantul. Upacara berlangsung khidmat dan tertib dengan cara pokok pembacaan Visi dan Misi Mahkamah Agung dan Pembacaan amanat Ketua Mahkamah Agung RI. Pembina Upacara adalah Ketua Pengadilan Negeri Bantul Bpk. Aminuddin, S.H. M.H. dan Pemimpin upacara Sdr. Ridwan Nugroho, S.H.. Upacara diikuti oleh seluruh pegawai, dharmayukti karini, dan para purna bakti yang telah pensiun mengabdi di Pengadilan Negeri Bantul.  

Kegiatan Peringatan Hari Ulang Tahun kemudian dilanjutkan dengan kegiatan tasyakuran dan ramah tamah dengan purna bakti, dharmayukti karini dan para pegawai, serta penyerahan hadian lomba-lomba dalam rangka memperingati hari kemerdekaan dan HUT MARI ke 77 di Pengadilan Negeri Bantul.