BERITA TERKINI
17 Agu

Upacara Bendera Memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77


BANTUL, MEDIAPNBTL – Rabu (17/08/2022) Pengadilan Negeri Bantul menyelenggarkan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77. Upacara diselenggarakan di halaman kantor Pengadilan Negeri Bantul, jl. Prof. Dr. Soepomo, S.H., Nomor 4 Bantul. Upacara Bendera diikuti oleh seluruh pegawai Pengadilan Negeri Bantul.

Upacara mulai diselenggarakan pada pukul 07.30 WIB dengan pembina upacara adalah Ketua Pengadilan Negeri Bantul Bapak Aminuddin, S.H., M.H. dan perwira upacara adalah Sdr. Agus Nur Isriyadi, S.H., serta pemimpin upacara sdr. Aang Prabowo, S.H..

Upacara pengibaran bendera memperingati hari kemerdekaan Indonesia ke-77 berlangsung dengan tertib, khidmat dan berjalan dengan lancar dari mulai hingga akhir acara. Kemudian Ketua Pengadilan Negeri Bantul pada akhir acara upacara juta turun memberikan selamat kepada seluruh peserta upacara bendera dan para petugas upacara dengan berkeliling dan menyalami satu persatu peserta upacara dan petugas upacara

Setelah acara upacara Bendera selesai kemudian diikuti dengan pemberian penghargaan Karya Satya Lencana kepada 9 (sembilan) orang  pegawai yang telah mencapai masa kerja tertentu, yaitu Bpk. Aminuddin, S.H,. M.H. (30 tahun), Kurniawan Wijonarko, S.H., M.Hum. (20 tahun), Sri Bakhriyatun Karomah, S.E., S.H. (dwi windu), Ayu Revina Octavia, S.T., S.H., M.H. (dwi windu), As'ari Maarif, A.Md. S.H.,M.H. (dwi windu), Prasetya Sujadi, S.H. (dwi windu), Rimbang Krisdianto, S.H. (dwi windu), Ana Ratnawati (dwi windu), dan Endang Sukarti Ramadhanny, S.H. (sewindu).

 

13 Jul

Pengawasan Daerah, Surveilans Akreditasi Penjaminan Mutu dan Monev SIPP dari Pengadilan Tinggi Yogyakarta


BANTUL, MEDIAPNBTL – Selasa (12/07/2022) Pengadilan Negeri Bantul menerima kunjungan Tim Pengadilan Tinggi Yogyakarta untuk melaksanakan tugas dari Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta, yaitu tugas Pengawasan Daerah, Surveilans Akreditasi Penjaminan Mutu, dan Monitoring SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara) pada Pengadilan Negeri Bantul. Di dalam surat tugasnya kegiatan Pengawasan ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari, yaitu Selasa (12/07/2022) dan Rabu (13/07/2022).  Tim ini berjumlah 7 (tujuh) orang yang di ketuai oleh Bpk. Achmad Yusak, S.H., M.H., Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Yogyakarta.

Pembukaan kegiatan pengawasan ini dilaksanaan di Ruang Sidang Utama Pengadilan Negeri Bantul diikuti oleh seluruh pegawai kecuali yang sedang menjalankan tugas pelayanan dan persidangan.  Acara diawali dengan Menyanyikan  lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung, pengucapan 8 nilai utama Mahkamah Agung,  sambutan Ketua Pengadilan Negeri Bantul, sambutan dan pembinaan dari Ketua Tim, dan Penandatanganan Nota Kesepahaman.

Dalam sambutannya, Bpk. Achmad Yusak, S.H., M.H. menyampaikan bahwa dalam kunjungan kali ini terdiri dari tiga kegiatan yaitu Pengawasan Daerah, Surveilan Akreditasi Penjaminan Mutu, dan Monitoring Evaluasi SIPP digabung menjadi satu. Ketua Tim ini berharap segenap unsur di Pengadilan Negeri Bantul untuk bersinergi dan mendukung Ketua Pengadilan Negeri Bantul untuk melaksanakan kebijakan-kebijakan dari Pimpinan Mahkamah Agung. Selain itu, Beliau menyampaikan akan berusaha untuk tetap mempertahankan pencapaian Akreditasi Penjaminan Mutu yang telah diraih Pengadilan Negeri Bantul.

Surveilans bertujuan untuk menjaga kualitas layanan dan administrasi di Pengadilan Negeri Bantul  agar sesuai standar Akreditasi Penjaminan Mutu yang ditetapkan Mahkamah Agung RI sehingga dapat memberikan pelayanan serta melaksanakan tugas pokok dan fungsi  dengan baik

Setelah acara Pembukaan berarti pelaksanaan kegiatan pengawasan, surveilan akreditasi penjaminan mutu dan monev SIPP secara resmi telah dimulai. Kegiatan berjalan selama 2 (dua) hari berlangsung dengan lancar dan tidak terdapat kendala yang berarti. Mulai dari pemeriksaan dokumen-dokumen hingga pemeriksaan langsung di lapangan oleh seluruh Tim Asesor dapat terlayani dengan baik. Pada hari kedua dilakukan penutupan oleh tim asesor. Dalam penutupan tersebut disampaikan hasil pemeriksaan dan pengawasan.

 

     

30 Jun

Sosialisasi Aplikasi e-Berpadu Aparat Penegak Hukum Bantul


BANTUL, MEDIAPNBTL – Hari Rabu (29 Juni 2022) Pengadilan Negeri Bantul menyelenggarakan kegiatan “Sosialisasi Aplikasi e-Berpadu” untuk Aparat Penegek Hukum (APH) kabupaten Bantul. e-BERPADU (Elektronik Berkas Pidana Terpadu) adalah aplikasi berbasis web yang terintegrasi yang dipergunakan untuk pengolahan dan pertukaran dokumen administrasi perkara pidana, antara lain: pelimpahan berkas perkara pidana secara elektronik, permohonan izin/persetujuan penyitaan secara elektronik, Permohonan izin/persetujuan pengeledahan secara elektronik, perpanjangan penahanan secara elektronik, permohonan izin besuk secara elektronik.

Pelaksanaan aplikasi ini merupakan sinergi antara Aparat Penegak Hukum diantaranya Kejaksaan Negeri Bantul, Kepolisian Resor Bantul, Rumah Tahanan Bantul, Badan Narkotika Bantul. Dengan adanya aplikasi ini pelayanan diharapkan menjadi lebih cepat dan efisien karena dengan adanya dukungan Teknologi Informasi pengajuan berkas secara fisik tergantikan oleh dokumen elektronik yang dapat dengan cepat terkirim.

Sosialisasi di buka oleh Ketua Pengadilan Negeri Bantul, Bpk Aminuddin, S.H., M.H. dan didampingi oleh panitera Muda Pidana beserta staf teknis dan staf IT. Hadir dalam Sosialisasi ini adalah admin aplikasi e-berpadu di masing-masing APH. Selain admin aplikasi, hadir  juga pada acara ini Kepala Seksi Pidana Umum Kejaksaan Negeri Bantul Bpk. Sulisyadi, S.H. M.H. dan Kepala seksi Tahanan Rutan Bantul, Bpk. Joko Sulistiyono.

 

04 Jul

Apel Pagi dan Pemberian Reward Pegawai Terbaik


BANTUL, MEDIAPNBTL – Merupakan agenda rutin yang wajib bagi seluruh pegawai pada Pengadilan Negeri Bantul setiap hari Senin untuk menyelenggarakan Apel Pagi. Pada senin ini (04/07/2022) pembina Apel adalah Ketua Pengadilan Negeri Bantul Bpk. Aminuddin, S.H., M.H. dan pemimpin apel adalah Bpk. Suradal, Jurusita Pengadilan Negeri Bantul.

Rangkaian kegiatan rutin Apel terdiri atas pembacaan daftar kehadiran, Pengucapan 10 Budaya Malu Pengadilan Negeri Bantul, Pengucapan 8 Nilai Utama Mahkamah Agung, Yel-Yel, amanat oleh pembina dan diakhiri doa.

Dalam apel hari ini (Senin, 4/07/2022) diselingi acara pengumuman pegawai berprestasi dan pemberian Reward atau penghargaan kepada pegawai yang berprestasi tersebut.

Reward atau penghargaan diberikan kepada 2 (dua) orang pegawai yang memiliki skor penilaian tertinggi diantara seluruh pegawai dan kepada 1 (satu) orang petugas PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) yang memiliki nilai tertinggi diantara para petugas PTSP.

Untuk pegawai dengan nilai terbaik adalah Bpk. As’ari Maarif, S.H., M.H. dan Ibu Serli Berliana Sianipar, S.H. Sedangkan untuk petugas PTSP yang mendapatkan penghargaan adalah Zulfa Himmah Alfikril Hidayah, S.H.. Tanda penghargaan diberikan oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bantul, Bpk. Kurniawan Wijonarko, S.H., M.Hum. kepada 2 (dua) pegawai berprestasi dan oleh Ibu Yuyun Fithriyah S.E. Ak., Sekertaris Pengadilan Negeri Bantul, kepada Petugas PTSP terbaik.  

Bapak Ketua Pengadilan Negeri Bantul dalam amanatnya mengingatkan untuk selalu disiplin dan meresapi 10 budaya malu yang setiap minggu diucapkan secara bersama-sama. Berdasarkan hal tersebut Bapak Aminuddin juga melakukan evaluasi kinerja mengenai beberapa hal terkait dengan ketertiban admnistrasi perkara dan pelayanan kepada masyarakat. Tidak lupa juga mengingatkan untuk selalu menjaga integritas dan kewibawaan instansi peradilan.

Apel ditutup dengan doa oleh petugas.

 

Gambar. Apel pagi Pembina oleh Ketua 

 

Gambar. Pengucapan 8 Nilai Utama Mahkamah Agung 

 

 

Gambar. Pemberian Penghargaan Pegawai Terbaik

30 Mei

APEL RUTIN SENIN PAGI TANGGAL 30 MEI 2022


BANTUL, MEDIAPNBTL - Apel Rutin Senin Pagi 30 Mei 2022, di Pengadilan Negeri (PN) Bantul dilaksanakan mulai  pukul 08.00 WIB. Apel pagi ini diikuti oleh hakim, pejabat struktural, fungsional dan seluruh pegawai Pengadilan Negeri Bantul. Dalam pembacaan daftar hadir seluruh ASN PN Bantul hadir lengkap. 

Pada apel pagi ini bertindak sebagai pemimpin apel Anjar Dwiyanto, SH. Adapun yang bertindak sebagai pembina apel yaitu Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bantul  Kurniawan Wijonarko, S.H., M.Hum. Rangkaian kegiatan apel pagi selain pembacaan daftar kehadiran juga dilakukan Pembacaan 10 Budaya Malu, Pengucapan 8 Nilai Utama Mahakamah Agung, Yel-Yel PN Bantul, amanat pembina apel dan diakhiri dengan doa.

Dalam amanatnya, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bantul menghimbau kepada seluruh ASN Pengadilan Negeri Bantul untuk meningkatkan budaya kerja yang baik dan disiplin, bertanggungjawab, dan solid terhadap rekan kerja. Beliau juga mengingatkan kembali terkait persiapan perlombaan PTSP dan lomba Administrasi Elektronik.

Apel pagi tersebut berjalan dengan khidmat dan penuh semangat.