BERITA TERKINI
12 Apr

Kunjungan Kerja dan Pembinaan Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta


BANTUL, MEDIAPNBTL – Pengadilan Negeri Bantul pada hari selasa (12/04/2022) menerima kunjungan kerja secara mendadak dari Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta beserta tim pendamping. Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta yang baru, Bpk. Dr. H. Kresna Menon, S.H., M.Hum, bersama tim tiba di Kantor Pengadilan Negeri Bantul sekira pukul 08.20 WIB disambut oleh Ketua Pengadilan Negeri Bantul beserta jajaran dan langsung menuju area Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) untuk berinteraksi dengan petugas. Kunjungan kemudian dilanjutkan menuju ruang-ruang pelayanan publik.

Di dalam kunjungan kerja ini juga diadakan pembinaan di Ruang Sudang Utama Pengadilan Negeri Bantul. Diawali sambutan oleh Ketua Pengadilan Negeri Bantul, Bp. Aminuddin, S,H., M.H. Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta kemudian juga memberikan sambutan.  Dalam sambutan sekaligus pembinaannya, Dr. H. Kresna Menon, S.H., M.Hum menyampaikan bahwa ini adalah kunjungan urutan kedua setelah kunjungan kerja ke Pengadilan Negeri Wonosari, dalam rangka menyelenggarakan kunjungan kerja dan pembinaan ke seluruh Pengadilan Negeri di wilayah se-Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dalam pembinaannya Dr. H. Kresna Menon, S.H., M.Hum bahwa “kita harus bersyukur dan bangga menjadi bagian dari Mahkamah Agung. Dengan visi Menuju Peradilan Indonesia Yang Agung, kita menuju ke arah penggunaan Teknologi Informasi”. Inovasi yang memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan pelayaan baik kepada masyarakat maupun pelayanan kedalam (intern). “mari kita jaga pengadilan dimanapun kita berada/bertugas”-red.

Selain itu Ketua Pengadilan Tinggi juga menekankan bahwa dalam menjalankan core bussiness badan peradilan untuk selalu menjaga etika dan menguasai hukum acara serta memperhatikan aspek-aspek yurudis, aspek keadilan, dan aspek kemanfaatan dalam memutuskan perkara.

Hakim Tinggi Pengawas Daerah, Bpk. Suprabowo, S.H., M.H. yang turut serta dalam Tim Kunjungan Kerja tersebut juga menambahkan untuk memaksimalkan penerapan restoratif justice, karena oleh Mahkamah Agung penerapan restoratif justice ini dinilai belum maksimal dilaksanakan. Kemudian pengarahan lain juga disampaikan oleh Sekretaris Pengadilan Tinggi Yogyakarta, Drs. Muhidin, M.H. terkait pengelolaan Sekretariatan dan Panitera Muda Pidana, Floriberta Setyowati, S.H., M.H. terkait admnistrasi perkara Pidana.

Pembinaan ditutup dengan konklusi oleh Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta dan tanggapan dari Ketua Pengadilan Negeri Bantul dilanjutkan dengan foto bersama.

 

11 Apr

Nilai APM A Excellent


Pengadilan Negeri Bantul meraih Nilai Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) tahun anggaran 2021 "722" dengan predikat A Excellent.

Berikut Petikan SK Dirjen Badilum No. 61/DJU/SK/OT01.3/4/2022

Attachments:
Download this file (Nilai APM 2021.pdf)Nilai Akreditasi Penjaminan Mutu 2021[.pdf]187 kB
31 Mar

Kampanye Anti Korupsi Pengadilan Negeri Bantul


BANTUL, MEDIAPNBTL – Pengadilan Negeri Bantul menyelenggarakan kegiatan public campaign anti korupsi di salah satu jalan protokol Kabupaten Bantul yaitu di Jl. Jend. Sudirman, Bantul. Public campaign dilakukan kamis (31/03/2022) dengan turun langsung ke jalan dan membagi-bagikan stiker anti korupsi, masker dan brosur layanan BIMA (Bantul Information Media Asistant) kepada warga masyarakat dan pengendara yang melintas.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengajak masyarakat turut menjaga integritas dalam hal pencegahan dan pemberantasan korupsi sebagaimana tagar dalam stiker yang dibagikan yaitu #tiada ruang bagi koruptor.

Ikut dalam kegiatan ini adalah Ketua Pengadilan Negeri Bantul, Wakil Ketua, dan seluruh pejabat dan pegawai Pengadilan Negeri Bantul, kecuali yang sedang melaksanakan pelayanan atau diklat peningkatan kompetensi.   

Kegiatan berjalan dengan lancar dan diakhiri dengan bersama-sama berjalan kembali menuju kantor Pengadilan Negeri Bantul di Jl. Prof. Dr. Soepomo, S.H. No. 04 dan melaksanakan tugas pokok pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan di wilayah hukum Kabupaten Bantul.

 

 

 

04 Apr

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1443 H


21 Mar

RAPAT KOORDINASI DAN SOSIALISASI SKB 6 K/L TENTANG IMPLEMENTASI KEADILAN RESTORATIF BAGI PELAKU DEWASARAPAT KOORDINASI DAN SOSIALISASI SKB 6 K/L TENTANG IMPLEMENTASI KEADILAN RESTORATIF BAGI PELAKU DEWASA


BANTUL, MEDIAPNBTL – Pengadilan Negeri Bantul menghadiri acara  RAPAT KOORDINASI DAN SOSIALISASI SKB 6 K/L (Kementerian / Lembaga) TENTANG IMPLEMENTASI KEADILAN RESTORATIF BAGI PELAKU DEWASA di DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Acara ini diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, dan dilaksanakan pada hari Senin, 21 Maret 2022 di Grand Mercure Yogyakarta.

Diundang dalam acara ini adalah Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta dan seluruh Ketua Pengadilan Negeri se-Wilayah Yogyakarta, Kepala Kantor wilayah KemenKUMHAM D I Yogyakarta, Kepala Kejaksaan Tinggi Yogyakarta dan Seluruh Kepala Kejaksaan Se-Wilayah D I Yogyakarta, Kepala Kepolisisan Daerah Yogyakarta dan seluruh Kepala Kepolisian Resor se-Wilayah D I Yogyakarta.

Dalam pengantar undangan disampaikan bahwa maksud dari kegiatan ini adalah untuk membangun kesepahaman antar aparat penegak hukum dan para pemangku kepentingan, sedangkan salah satu tujuannya adalah untuk mempersiapkan naskah perjanjian kerja sama tentang Implementasi alternatif pemidanaan dan keadilan restoratif bagi pelaku dewasa di Kota Yogyakarta

Pengadilan Negeri Bantul memberi tugas kepada Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bantul, Bapak Dr. Mohammad Amrullah, S.H., M.H. untuk mengikuti kegiatan tersebut.