BERITA TERKINI
04 Mar

PEMBINAAN KETUA PENGADILAN TINGGI YOGYAKARTA KEPADA PENGADILAN NEGERI BANTUL


Pada hari Kamis, 4 Maret 2021, Pengadilan Negeri Bantul Melaksanakan Kegiatan Pembinaan dari Pengadilan Tinggi Yogyakarta, kegiatan tersebut dihadiri oleh Jajaran Penjabat  Pengadilan Tinggi Yogyakarta melalui aplikasi zoom dan dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, Panitera dan Hakim Pengadilan Negeri Sleman.

(tw/hnr)

02 Mar

PEMERIKSAAN BADAN PEMERIKSA KEUANGAN (BPK) DI PENGADILAN NEGERI BANTUL


Pada hari Senin, 1 Maret 2021 bertempat di Ruang Rapat Ketua, Ketua Pengadilan Negeri Bantul Kelas I B menerima Tim Pemeriksa dari BPK-RI. Tim dipimpin oleh ketuaa Tim dan didampingi dengan tiga orang anggota tim yang diberikan tugas melakukan pemeriksaan di Pengadilan Bantul Kelas I B, sesuai Surat Tugas BPK-RI Nomor :143/ST/V-XVL.1/10/2020.

(tw/hnr)

 

08 Feb

PENANDATANGANAN PAKTA INTEGRITAS DI PENGADILAN NEGERI BANTUL


Bantul, 8 Febuari 2021, pada hari Senin Pengadilan Negeri Bantul Kelas II B memulai dengan Penandatanganan Pakta Integritas yakni pernyataan atau janji kepada diri sendiri tentang komitmen melaksanakan seluruh tugas, fungsi, tanggung jawab, wewenang dan peran sesuai dengan peraturan perundang-undangan serta kesanggupan untuk tidak melakukan korupsi, kolusi, dan nepotisme.Pakta Integritas dituangkan ke dalam sebuah Dokumen Pakta Integritas.

Penandatangan Pakta Integritas ini sesuai tujuannya adalah mensukseskan program Reformasi Birokrasi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia dan badan peradilan dibawahnya serta merupakan wujud keseriusan seluruh elemen Pengadilan Negeri Bantul untuk mewujudkan pelayanan publik yang terbaik.Penandatanganan Pakta Integritas ini melibatkan seluruh Hakim dan Pegawai, dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Bantul, Aminuddin, SH., MH dan bertempat di ruang sidang utama.

(tw/hnr)

17 Feb

SIDANG ISTIMEWA LAPORAN TAHUANAN MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2021


Sehubungan dengan acara Sidang Istimewa Laporan Tahunan Mahkamah Agung Republik Indonesia Tahun 2021 pada Hari Rabu tanggal 17 Februari 2021 pukul 10.00 WIB bertempat di Ruang Kusumah Atmadja lantai 14 Mahkamah Agung RI, Jalan Medan Merdeka Utara No. 9–13 Jakarta Pusat. Diharapkan kepada seluruh Pimpinan Satuan Kerja menginstruksikan kepada warga peradilan di lingkungannya masing-masing untuk menyaksikan siaran langsung melalui kanal Youtube Mahkamah Agung Republik Indonesia pada tautan: https://bit.ly/MA-Live.

Atas Intruksi tersebut Pengadilan Negeri Bantul juga melakukan acara tersebut di ruang rapat ketua, secara bersama-sama.

(tw/hnr)

29 Jan

PENANDATANGANAN MoU POSBAKUM DENGAN LEMBAGA BANTUAN HUKUM


Pos Bantuan Hukum (Posbakum) hadir sebagai sebuah layanan yang disediakan Pengadilan Negeri Bantul bagi masyarakat untuk memberikan layanan bantuan hukum kepada Pemohon bantuan hukum untuk pengisian formulir permohonan bantuan hukum, bantuan pembuatan dokumen hukum, advis atau konsultasi hukum, ataupun memberikan rujukan lebih lanjut tentang bantuan jasa Advokat.

Penyelenggaraan kegiatan ini di awali dengan penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) antara Ketua Pengadilan Negeri Bantul dengan Pimpinan Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum di wilayah Kabupaten Bantul atau diluar wilayah kabupaten bantul yang bersedia untuk bekerja sama dalam penyelenggaraan Pos Bantuan Hukum Pengadilan Negeri Bantul.

 

Pada hari Kamis, 28 Januari 2021 Ketua Pengadilan Negeri Bantul, Bpk. Aminuddin, S.H., M.H., menandatangani MoU dengan 2 (dua) lembaga bantuan hukum yang siap untuk bekerjasama dengan Pengadilan Negeri Bantul dalam rangka penyelenggaraan layanan POSBAKUM di Pengadilan Negeri Bantul. MoU diselenggarakan di Ruang Command Center Pengadilan Negeri Bantul, dan dihadiri oleh Ketua Pengadilan Negeri Bantul, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bantul, Panitera, Panitera Muda Hukum, Pimpinan Lembaga Bantuan Hukum SEMBADA  dan Pimpinan PKBH Fakultas Hukum Universitas Janabadra Yogyakarta.

 

Dengan adanya Posbakum ini akan membantu masyarakat yang tak mampu dan terpinggirkan dapat memenuhi hak asasi masyarakat. Pemberian bantuan hukum ini juga untuk meningkatkan akses masyarakat kepada keadilan dan meningkatkan kesadaran serta pengetahuan masyarakat tentang hukum terkait pemenuhan perlindungan hukum terhadap hak dan kewajiban. Dengan adanya Posbakum diharapkan dapat memberikan pencerahan dan penyuluhan hukum kepada masyarakat. Posbakum tak hanya membantu masalah menyangkut perkara, namun dapat juga menjadi tempat masyarakat meminta konsultasi hukum terhadap permasalahan yang terjadi.

 

Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan layanan bantuan hukum pada Posbakum di Pengadilan Negeri Bantul dapat  datang langsung ke ruang POSBAKUM di Kantor Pengadilan Negeri Bantul yang beralamat di Jalan Prof. Dr. Soepomo, S.H. Nomor 4, Gose, Bantul, Kab. Bantul.