BERITA TERKINI
27 Mei

KETUA MAHKAMAH AGUNG RI HADIRI ORASI ILMIAH PROF. Dr. MUKTI FAJAR ND., S.H., M.Hum


 

KETUA MAHKAMAH AGUNG RI HADIRI ORASI ILMIAH PROF. Dr. MUKTI FAJAR ND., S.H., M.Hum

 

Yogyakarta - Humas MA:   Ketua Mahkamah Agung, Prof. Dr. H.M. Syarifuddin, S.H., M.H., menghadiri Orasi Ilmiah Guru Besar Prof. Dr. Mukti Fajar Nur Dewata., SH., M.Hum berlangsung di sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), pada Rabu 25 Mei 2022. Hadir pula mendampingi Ketua Mahkamah Agung, Wakil Ketua Mahkamah Agung  bidang Yudisial, Wakil Ketua Mahkamah Agung bidang Non Yudisal, para Ketua Kamar, para Hakim Agung, Sekretaris Mahkamah Agung,  dan Kepala Biro Hukum dan Humas.

Rapat Senat Terbuka dengan judul Hukum dan Kesejahteraan: Konsep regulasi di Era Sharing Economy. Dalam orasinya Ketua Komisi Yudisial,  Prof. Mukti menyampaikan hukum harus menjadi panglima yang tidak hanya mampu mengalahkan kejahatan dan memberi hukuman saja, namun harus mampu mensejahterakan warganya. Artinya ada tanggung jawab yang besar dari hukum untuk mewujudkan cita-cita tersebut.

Lebih lanjut pria kelahiran Yogyakarta 29 September 1968 ini mengatakan, sharing economy sering didefenisikan sebagai aktivitas berbasis peer to peer (P2P) untuk memperoleh, menyediakan, atau berbagi akses ke barang dan jasa yang difasilitasi oleh platform online berbasis komunitas. Manfaat sharing economy bukan hanya memiliki semangat untuk melakukan  tindakan efisiensi sumber daya dengan cara melakukan konsumsi bersama-sama, melainkan juga menurunkan apa yang menjadi dampak lingkungan dikarenakan konsumsi yang tak terbentang. Selain itu juga menghemat biaya.

https://www.mahkamahagung.go.id/cms/media/10350

Hadir dalam acara tersebut para Pimpinan Lembaga Negara, Wakil Ketua serta para Komisioner Komisi Yudisial, para anggota Lembaga Negara, pimpinan Lembaga Pemerintah,  para pejabat di lingkungan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, dan undangan lainnya.

Acara ini turut dihadiri pula oleh Presiden RI dan Wakil Presiden RI secara daring. (ENK/Dr. H. Sobandi, S.H., M.H)

 

Sumber: https://mahkamahagung.go.id/

12 Apr

Kunjungan Kerja dan Pembinaan Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta


BANTUL, MEDIAPNBTL – Pengadilan Negeri Bantul pada hari selasa (12/04/2022) menerima kunjungan kerja secara mendadak dari Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta beserta tim pendamping. Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta yang baru, Bpk. Dr. H. Kresna Menon, S.H., M.Hum, bersama tim tiba di Kantor Pengadilan Negeri Bantul sekira pukul 08.20 WIB disambut oleh Ketua Pengadilan Negeri Bantul beserta jajaran dan langsung menuju area Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) untuk berinteraksi dengan petugas. Kunjungan kemudian dilanjutkan menuju ruang-ruang pelayanan publik.

Di dalam kunjungan kerja ini juga diadakan pembinaan di Ruang Sudang Utama Pengadilan Negeri Bantul. Diawali sambutan oleh Ketua Pengadilan Negeri Bantul, Bp. Aminuddin, S,H., M.H. Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta kemudian juga memberikan sambutan.  Dalam sambutan sekaligus pembinaannya, Dr. H. Kresna Menon, S.H., M.Hum menyampaikan bahwa ini adalah kunjungan urutan kedua setelah kunjungan kerja ke Pengadilan Negeri Wonosari, dalam rangka menyelenggarakan kunjungan kerja dan pembinaan ke seluruh Pengadilan Negeri di wilayah se-Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dalam pembinaannya Dr. H. Kresna Menon, S.H., M.Hum bahwa “kita harus bersyukur dan bangga menjadi bagian dari Mahkamah Agung. Dengan visi Menuju Peradilan Indonesia Yang Agung, kita menuju ke arah penggunaan Teknologi Informasi”. Inovasi yang memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan pelayaan baik kepada masyarakat maupun pelayanan kedalam (intern). “mari kita jaga pengadilan dimanapun kita berada/bertugas”-red.

Selain itu Ketua Pengadilan Tinggi juga menekankan bahwa dalam menjalankan core bussiness badan peradilan untuk selalu menjaga etika dan menguasai hukum acara serta memperhatikan aspek-aspek yurudis, aspek keadilan, dan aspek kemanfaatan dalam memutuskan perkara.

Hakim Tinggi Pengawas Daerah, Bpk. Suprabowo, S.H., M.H. yang turut serta dalam Tim Kunjungan Kerja tersebut juga menambahkan untuk memaksimalkan penerapan restoratif justice, karena oleh Mahkamah Agung penerapan restoratif justice ini dinilai belum maksimal dilaksanakan. Kemudian pengarahan lain juga disampaikan oleh Sekretaris Pengadilan Tinggi Yogyakarta, Drs. Muhidin, M.H. terkait pengelolaan Sekretariatan dan Panitera Muda Pidana, Floriberta Setyowati, S.H., M.H. terkait admnistrasi perkara Pidana.

Pembinaan ditutup dengan konklusi oleh Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta dan tanggapan dari Ketua Pengadilan Negeri Bantul dilanjutkan dengan foto bersama.

 

31 Mar

Kampanye Anti Korupsi Pengadilan Negeri Bantul


BANTUL, MEDIAPNBTL – Pengadilan Negeri Bantul menyelenggarakan kegiatan public campaign anti korupsi di salah satu jalan protokol Kabupaten Bantul yaitu di Jl. Jend. Sudirman, Bantul. Public campaign dilakukan kamis (31/03/2022) dengan turun langsung ke jalan dan membagi-bagikan stiker anti korupsi, masker dan brosur layanan BIMA (Bantul Information Media Asistant) kepada warga masyarakat dan pengendara yang melintas.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengajak masyarakat turut menjaga integritas dalam hal pencegahan dan pemberantasan korupsi sebagaimana tagar dalam stiker yang dibagikan yaitu #tiada ruang bagi koruptor.

Ikut dalam kegiatan ini adalah Ketua Pengadilan Negeri Bantul, Wakil Ketua, dan seluruh pejabat dan pegawai Pengadilan Negeri Bantul, kecuali yang sedang melaksanakan pelayanan atau diklat peningkatan kompetensi.   

Kegiatan berjalan dengan lancar dan diakhiri dengan bersama-sama berjalan kembali menuju kantor Pengadilan Negeri Bantul di Jl. Prof. Dr. Soepomo, S.H. No. 04 dan melaksanakan tugas pokok pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan di wilayah hukum Kabupaten Bantul.

 

 

 

04 Apr

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1443 H


21 Mar

RAPAT KOORDINASI DAN SOSIALISASI SKB 6 K/L TENTANG IMPLEMENTASI KEADILAN RESTORATIF BAGI PELAKU DEWASARAPAT KOORDINASI DAN SOSIALISASI SKB 6 K/L TENTANG IMPLEMENTASI KEADILAN RESTORATIF BAGI PELAKU DEWASA


BANTUL, MEDIAPNBTL – Pengadilan Negeri Bantul menghadiri acara  RAPAT KOORDINASI DAN SOSIALISASI SKB 6 K/L (Kementerian / Lembaga) TENTANG IMPLEMENTASI KEADILAN RESTORATIF BAGI PELAKU DEWASA di DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Acara ini diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, dan dilaksanakan pada hari Senin, 21 Maret 2022 di Grand Mercure Yogyakarta.

Diundang dalam acara ini adalah Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta dan seluruh Ketua Pengadilan Negeri se-Wilayah Yogyakarta, Kepala Kantor wilayah KemenKUMHAM D I Yogyakarta, Kepala Kejaksaan Tinggi Yogyakarta dan Seluruh Kepala Kejaksaan Se-Wilayah D I Yogyakarta, Kepala Kepolisisan Daerah Yogyakarta dan seluruh Kepala Kepolisian Resor se-Wilayah D I Yogyakarta.

Dalam pengantar undangan disampaikan bahwa maksud dari kegiatan ini adalah untuk membangun kesepahaman antar aparat penegak hukum dan para pemangku kepentingan, sedangkan salah satu tujuannya adalah untuk mempersiapkan naskah perjanjian kerja sama tentang Implementasi alternatif pemidanaan dan keadilan restoratif bagi pelaku dewasa di Kota Yogyakarta

Pengadilan Negeri Bantul memberi tugas kepada Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bantul, Bapak Dr. Mohammad Amrullah, S.H., M.H. untuk mengikuti kegiatan tersebut.