Click to listen highlighted text!
BERITA TERKINI
21 Oct

KETUA MAHKAMAH AGUNG MELANTIK DAN MENGAMBIL SUMPAH 7 HAKIM AGUNG BARU


Jakarta-Humas: Ketua Mahkamah Agung, Prof. Dr. H. M. Syarifuddin, S.H., M.H., melantik dan mengambil sumpah 7 (tujuh) orang Hakim Agung pada Selasa pagi (19/10) di ruang Prof. Dr. Kusumah Atmadja gedung Mahkamah Agung lantai 14, Jakarta.  

Pelantikan dan pengambilan sumpah ini berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo Nomor: 116/P Tahun 2021 tanggal 30 September 2021 tentang Pengangkatan Hakim Agung. Dengan dilantiknya tujuh orang Hakim Agung tersebut, kini jumlah Hakim Agung di Republik Indonesia berjumlah 51 orang, sementara Hakim Adhoc berjumlah 11 orang terdiri atas 3 orang Hakim Ad Hoc Tipikor dan 8 orang Hakim Ad Hoc PHI.

Tujuh Hakim Agung yang dilantik dan diambil sumpahnya adalah:

  1. H. Dwiarso Budi Santiarto, S.H., M.Hum., sebagai Hakim Agung Kamar Pidana. Jabatan sebelumnya adalah Kepala Badan Pengawasan Mahkamah Agung.
  2. Jupriyadi, S.H., M.Hum., sebagai Hakim Agung Kamar Pidana. Jabatan sebelumnya adalah Hakim Tinggi pada Badan Pengawasan.
  3. Dr. Prim Haryadi, S.H., M.H., sebagai Hakim Agung Kamar Pidana. Jabatan sebelumnya adalah Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum.
  4. Suharto, S.H., M.Hum., sebagai Hakim Agung Kamar Pidana. Jabatan sebelumnya adalah Panitera Muda Perkara Pidana Khusus Kepaniteraan Mahkamah Agung
  5. Yohanes Priyana, S.H., M.H., sebagai Hakim Agung Kamar Pidana. Jabatan sebelumnya adalah Hakim Tinggi pada Pengadilan Tinggi Pontianak.
  6. Dr. H. Haswandi., S.H., S.E., M.Hum., M.M., sebagai Hakim Agung Kamar Perdata. Jabatan sebelumnya adalah Panitera Muda Perkara Perdata Khusus Kepaniteraan
  7. Brigadir Jenderal TNI Dr. Tama Ulinta Br Tarigan, S.H., M.Kn., sebagai Hakim Agung Kamar Militer. Jabatan sebelumnya adalah Wakil Kepala Pengadilan Militer Utama.

Tujuh Hakim Agung ini merupakan pilihan dari sebelas  orang yang diajukan oleh Komisi Yudisial ke Komisi III DPR RI. Ketujuhnya merupakan calon hakim agung yang telah lulus menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di DPR RI pada Senin, 20 September 2021.

Acara pelantikan ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Turut hadir yaitu Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial, Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non-Yudisial, Para Ketua Kamar Mahkamah Agung, Pejabat Eselon 1 dan 2 Mahkamah Agung, serta undangan lain yang terbatas. (azh/RS/photo:Yrz)

sumber: https://mahkamahagung.go.id/id/berita

14 Oct

Kunjungan dan Pendampingan Biro Perencanaan dan Organisasi Mahkamah Agung di Pengadilan Negeri Bantul


 

Pengadilan Negeri Bantul kelas 1 B menerima kunjungan dari Badan Urusan Administrasi Biro Perencanaan dan Organisasi dalam agenda pendampingan Zona Integritas. Dalam agenda tersebut Ketua Pengadilan Negeri Bantul beserta jajarannya mendampingi Tim Biro Perencanaan dan Organisasi melihat kondisi, fasilitas, bangunan, dan management kantor Pengadilan Negeri Bantul.
 
 
 
Selanjutnya menerima saran dan masukan terkait hal-hal yang menjadi kriteria dalam pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBK/WBBM).
19 Mar

Persemian Pos Petugas Keamanan Dalam (PKD) dan Area Parkir Timur


Hari Jumat, tanggal 19 Maret 2021. Pada kesempatan ini, Ketua Pengadilan Negeri Bantul didampingi Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Negeri Bantul meresmikan dan Persemian Pos Petugas Keamanan Dalam (PKD) dan Area Parkir Timur di gerbang depan Pengadilan Negeri. Acara peresmian ini sebagai symbol bahwa Pengadilan Negeri Bantul telah siap ikut serta menyongsong pelayanan publik yang lebih baik, mari kita bersama-sama menyukseskan Sistem Akreditasi Mutu Pengadilan.

(tw/hnr)

04 May

PEMBINAAN DAN PENGAWASAN RUTIN PENGADILAN TINGGI YOGYAKARTA


Pada tanggal 30 Mei 2021 Pengadilan Negeri Bantul mendapat kunjungan dari Pengadilan Tinggi Yogyakarta dalam rangka Pengawasan dan Pembinaan Rutin. Tim pengawasan dipimpin oleh Ketua Tim H.Agus Sutarno, S.H., M.H. beserta 7 (tujuh) anggota. Pengawasan dan Pembinaan juga dihadiri oleh Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta, Bapak H. Suripto, S.H., M.H.. Pengawasan dilaksanakan selama 2 (dua) hari yaitu jumat tanggal 30 Mei 2021 dan dilanjutkan pada senin 3 Mei 2021.

 

Pada hari pertama tim pengawas melakukan pengawasan pada bagian Kepaniteraan dan Kesekretariatan serta pemeriksaan dokumen. Pengawasan diakhiri pada hari Senin tanggal 3 Mei 2021 dengan memeriksa keadaan secara fisik. Pengawasan pembinaan ditutup di Ruang sidang utama Pengadilan Negeri Bantul dengan menyampaikan hasil dari pengawasan.

 

Semoga dengan adanya pengawasan dan pembinaan dari Pengadilan Tinggi Yogyakarta dapat menjadikan Pengadilan Negeri Bantul lebih baik lagi.

 

09 Mar

Pengadilan Negeri Bantul Melakukan Penandatanganan MoU dengan Universitas Islam Indoesia (UII)


Pengadilan Negeri Bantul pada hari Selasa, tanggal 09 Maret 2021, telah melaksanakan penandatanganan MOU (Kesepakatan bersama) dengan Universitas Islam Indonesia (UII) yang dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Bantul Bapak Aminuddin, S.H. MH, dan didampingi oleh Wakil Ketua, Panitera dan Panmud Hukum Pengadilan Negeri Bantul. Acara penandatanganan tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat Ketua mulai dari jam 09.00 – 11.00 WIB. MoU adalah dokumen hukum dimana isinya menjelaskan perjanjian awal kedua belah pihak yang sebelum penandatangan telah disepakati atas dasar penawaran, pertimbangan, penerimaan hingga terikat secara hukum.

(tw/hnr)

Click to listen highlighted text! Tekan Tombol Speaker