Click to listen highlighted text!
INDEX BERITA
16 May

SELURUH WARGA MAHKAMAH AGUNG DAN BADAN PERADILAN: TERIMA KASIH PROF. HATTA


SELURUH WARGA MAHKAMAH AGUNG DAN BADAN PERADILAN: TERIMA KASIH PROF. HATTA

Jakarta – Humas MA: Prof. Dr. M. Hatta Ali, SH., MH., Ketua Mahkamah Agung ke-13 telah memasuki masa pensiun pada 30 April 2020 lalu. Pria asal Pare Pare ini memimpin Mahkamah Agung dalam dua periode, yaitu periode 2012-2016 dan periode 2016-2020. 

Di bawah kepemimpinannya, Mahkamah Agung telah berhasil  dalam banyak hal, dan yang paling mengena kepada masyarakat adalah bahwa Prof Hatta telah mengubah paradigma penyelenggaraan peradilan dan pelayanan terhadap masyarakat pencari keadilan, dari manual ke digital, era yang dicanangkan itu disebut sebagai era baru peradilan modern berbasis teknologi informasi. Beberapa di antaranya adalah e-court, e-summons, e-filling, e-litigation, dan aplikasi elektronik lainnya di mana masyarakat Indonesia sudah bisa merasakan hasilnya bersama.

Selain itu dalam bidang manajemen penanganan perkara, di bawah kepemimpinan Prof. Hatta, Mahkamah Agung berhasil membangun sistem kamar dan mengikis sisa perkara di Mahkamah Agung, dari jumlah 10.112 perkara pada tahun 2012 hingga hanya 217 perkara pada tahun 2019. Dalam bidang teknis, Mahkamah Agung banyak melakukan pembaruan hukum acara antara lain dalam gugatan sederhana, prosedur mediasi di pengadilan, pedoman mengadili perkara perempuan berhadapan dengan hukum, pedoman beracara dalam sengketa penetapan lokasi pembangunan untuk kepentingan umum dan keberatan terhadap penetapan ganti kerugian dalam pengadaan tanah untuk kepentingan umum, serta penanganan tindak pidana korporasi.

Dalam bidang non teknis, laporan keuangan Mahkamah Agung berhasil mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian sebanyak 7 kali berturut-turut, hampir 100 % satuan kerja pengadilan di Indonesia telah mendapatkan akreditasi penjaminan mutu pengadilan, dan 70 satuan kerja pengadilan mendapatkan penghargaan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani, serta masih banyak capaian dan penghargaan lainnya.

Selama kepemimpinannya, Hatta Ali mendapatkan beberapa anugerah di antaranya sebagai “Pemimpin Perubahan Tahun 2018” dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, dan juga anugerah sebagai “Pemimpin Perubahan Tahun 2019” dari Wakil Presiden Republik Indonesia.

Terkait hal tersebut, pada pidato perdananya, Rabu 13 Mei 2020 lalu, Dr. M. Syarifuddin, SH., MH, Ketua Mahkamah Agung Terpilih ke 14 menyampaikan terima kasihnya kepada Hatta Ali atas semua capaian yang telah diraihnya dan bertekad akan meneruskan itu semua. “Dalam kesempatan ini, kita seluruh warga Mahkamah Agung dan Badan Peradilan menyampaikan ucapan terima kasih kepada beliau dan sejarah akan mencatat dengan tinta emas seluruh pengabdian yang telah beliau sumbangkan untuk lembaga Mahkamah Agung dan Badan Peradilan sebagai “Bapak Pembaruan Peradilan Indonesia”. Semoga kita semua dapat melanjutkan serta meningkatkan capaian dan keberhasilan yang telah dicapai di bawah kepemimpinan beliau,” harap Dr. Syarifuddin.

Dr. Syarifuddin menambahkan bahwa tanggal 30 April 2020 yang lalu, Prof. Dr. M. Hatta Ali, S.H., M.H. telah menyelesaikan masa tugasnya dan memasuki masa purnabakti. Namun karena adanya pandemi Covid-19, seluruh acara yang telah kita agendakan dan telah kita susun dengan baik untuk melepas beliau, terpaksa gagal dilaksanakan. “InsyaAllah jika pandemi Covid-19 telah berakhir kita akan melepas beliau dengan acara wisuda purnabakti,” ujarnya.

Terima kasih Prof. Hatta atas semua daya upaya, kerja keras, doa, ide, dan kemajuan untuk peradilan Indonesia, semoga Tuhan membalasnya dengan kebaikan berlipat. Jasamu abadi, Bapak. (azh/RS/photo:PN)

13 Mar

Deklarasi Pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)


Dalam rangka upaya Pembangunan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 52 Tahun 2014 di lingkungan Pengadilan Negeri Bantul, Bapak Agung Sulistiyono, S.H., S.Sos., M.Hum selaku Ketua Pengadilan Negeri Bantul menggelar Deklarasi Pencanangan Pembangunan Zona Integritas.

Acara dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 6 Maret 2019 di Aula Pengadilan Negeri Bantul. Acara yang bertema “Deklarasi Pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)“ tersebut dihadiri oleh :

  1. Bupati Bantul yang dalam hal ini diwakili oleh Asisten I Tata Pemerintahan, Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul Ibu Sri Edi Budiastuti, M.Sc.
  2. Ketua DPRD Kabupaten Bantul Bapak Hanung Raharjo, S.T.
  3. Kepala Polres Bantul, AKBP Sahat Marisi Hasibuan, S.I.K., M.H.
  4. Dandim 0729 Bantul, Bapak Letkol Kav. Didi Carsidi
  5. Kepala Kejaksaan Negeri Bantul , Bapak Zuhandi, S.H., M.H.
  6. Ketua Pengadilan Agama Bantul, Bapak Drs. Yusuf, S.H., M.Si.
  7. Kepala Rutan Kelas II Bantul, Yth. Soleh Joko Sutopo, A.Md.IP., S.H., M.H.
  8. Kepala Rubhasan Klas II Bantul, Ibu Mei Kartini
  9. DPC Peradi Bantul, Bapak Fajar Mulia, S.H.
  10. Forum Komunikasi Umat Beragama Kab. Bantul, Bapak Drs. Yasmuri, M.Pd.
  11. Ikatan Notaris Indonesia Kab. Bantul, Bapak Mardiah, S.H., M.Kn.
  12. Forum Pewarta Bantul, Bapak Santoso Suparman
  13. Koran Merapi, Bapak Yusron Mustaqim
  14. Info Cegatan Jogja, Bapak Yanto Sumantri
  15. Rumah Budaya Tembi, Bapak Yopei Edo

Dalam acara ini juga dibacakan Ikrar yang dibacakan oleh Ketua Pengadilan Negeri Bantul dan diikuti oleh seluruh Pegawai di lingkungan Pengadilan Negeri Bantul dan dilanjutkan Penandatangan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah bersih melayani oleh Ketua Pengadilan Negeri Bantul dilanjutkan 15 saksi tersebut diatas.

Dalam Sambutannya Ketua Pengadilan Negeri Bantul menegaskan kepada segenap warga Pengadilan Negeri Bantul untuk dapat bekerja sama dalam mewujudkan akreditasi yang salah satu persyaratannya adalah pecanangan zona integritas dan wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani di Pengadilan Negeri Bantul.

Acara diakhiri dengan foto bersama Jajaran FORPIMDA dan pimpinan Instansi terkait serta para saksi.

 

 

 

27 Feb

Kunjungan Tim Penilaian Kelayakan Pembangunan Zona Integritas


Selasa, 26 Februari 2019, telah  dilakukan penilaian kelayakan Pengadilan Negeri untuk mengikuti pembangunan zena integritas menuju wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani oleh Tim dari Pengadilan Tinggi Yogyakarta di Pengadilan Negeri Bantul. Acara penilaian dimulai sejak pukul 08.30 WIB oleh Tim dari Pengadilan Tinggi Yogyakarta antara lain Bapak Kusriyanto, S.H., M.Hum., Bapak Sugeng Riyono, S.H., M.Hum., Bapak Tjatur Wahjoe B.S.P, S.H., M.Hum., serta Ibu Nur Hasanah, S.H., M.B.A. dengan melakukan penilaian pada tiap area, yaitu :

  1. Area I – Manajemen Perubahan;
  2. Area II – Penataan Tata Laksana;
  3. Area III – Penataan Sistem Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM);
  4. Area IV – Penguatan Akuntabilitas;
  5. Area V – Penguatan Pengawasan; serta,
  6. Area VI – Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.

Acara tersebut selesai pada pukul 16.00 WIB.

28 Feb

Pengadilan Negeri Bantul Nonton Bareng Laporan Tahunan 2018 Mahkamah Agung


 

Rabu, tanggal 27 Februari 2019 bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Negeri Bantul pada pukul 09.00 WIB telah menyaksikan siaran langsung melalui kanal Mahkamah Agung Republik Indonesia, yang dihadiri oleh Ketua, para Hakim, Panitera, Sekretaris, Panmud, Kasub dan seluruh Pegawai Pengadilan Negeri bantul.

Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia menyebutkan bahwa pada Laporan Tahunan 2018 ini mengangkat tema "Era Baru Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi"

 

 

 

30 Oct

Upacara Bendera Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2018


Sesuai dengan surat SEKMA nomor 1325/SEK/HM.01.2/IX/2018 tanggal 25 Oktober 2018 perihal Penyelenggaraan Uapcara Peringatan Hari Sumpah Pemda Ke 90 Tahun 2018 Pengadilan Negeri Bantul mengadakan Upacara Bendera untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 90 dengan tata upacara sesuai dengan Surat Edaran Menteri Pemuda dan Olahraga Nomor 10.15.1/ MENPORA/DII/X/2018.

Uacara dilaksanakan di halaman depan kantor Pengadilan Negeri Bantul pada hari senin tanggal 29 Oktober 2018 dengan pembina upacara adalah Ketua Pengadilan Negeri Bantul Bp. Agung Sulistiyono, S.H., S.Sos., M.Hum dan perwira upacara Bpk. Sigit Indriyatno, S.H., M.. Yang berbeda dari pelaksanaan upacara bendera ini adalah bahwa petugas upacara diemban oleh para cakim (calon hakim) yang sedang bertugas magang di Pengadilan Negeri Bantul.

Upacara peringatan ini berjalan dengan khidmat dan lancar dari awal hingga akhir acara upacara. Selesai acara upacara, Ketua Pengadilan Negeri Bantul memberikan apresiasi dan pembinaan yang dilakukan di Ruang Sidang Utama terkait dengan pelaksanaan upacara dan peringatan hari sumpah pemuda. 

Click to listen highlighted text! Tekan Tombol Speaker