BERITA TERKINI
17 Agu

Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 di Pengadilan Negeri Bantul


BANTUL, MEDIAPNBTL – Pengadilan Negeri Bantul menyelenggarakan upacara pengibaran bendera untuk memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 yang dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2023 pukul 07.15 WIB bertempat di Halaman Kantor Pengadilan Negeri Bantul.

Pada penyelenggaraan upacara bendera ini selaku Pembina upacara adalah Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bantul, Kurniawan Wijonarko, S.H., M.Hum dan  pemimpin upacara adalah Sapta Widada, Petugas Keamanan Dalam (PKD) Pengadilan Negeri Bantul. Pengibaran Bendera Merah Putih dilakukan oleh petugas pengibar yaitu Fadila Fathul Jannah, Hedwigis Della Deflorencia, dan Meylina Selistyawati. Sedangkan Peserta upacara adalah seluruh hakim dan pegawai Pengadilan Negeri Bantul dan perwakilan dari anggota Dharmmayukti karini serta para mahasiswa yang magang di Pengadilan Negeri Bantul .

Upacara berjalan dengan lancar dan khidmat mulai dari awal hingga akhir penyelenggaraan upacara. Rangkaian acara upacara bendera dilalui dengan lancar tanpa ada kendala. Meskipun sebelum acara upacara dilaksanakan sempat turun hujan gerimis di daerah kantor Pengadilan Negeri Bantul, namun saat pelaksanaan upacara terlaksana dalam cuaca yang cerah.

16 Agu

Pengadilan Negeri Bantul Melaksanakan Eksekusi terhadap Perkara Nomor 52/Pdt.G/2022/PN Btl


BANTUL, MEDIAPNBTL - Pada hari Selasa, 15 Agustus 2023 Pengadilan Negeri Bantul Kelas 1B melakukan eksekusi pengosongan tanah dan bangunan yang berlokasi di Desa Tirtonirmolo Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul dengan SHM No. 04747/Tirtonirmolo seluas 2.136 m2. Eksekusi tersebut dilakukan menindaklanjuti putusan pengadilan dengan penetapan eksekusi nomor 2/PDT.EKS/2023/PN Btl Jo. 52/Pdt.G/2022/PN Btl yakni perkara antara Siti Ariani,dkk sebagai Penggugat dan Triyono sebagai tergugat.

Eksekusi dipimpin oleh Panitera Pengadilan Negeri Bantul Sigit Indriyatno, S.H., M.H., didampingi Panmud Perdata Aditya Wahyuadrianto, S.H dan segenap Jurusita.

Proses eksekusi berjalan lancar. Eksekusi yang dilakukan oleh Pengadilan Negeri Bantul mendapat pengamanan dari pihak TNI dan Kepolisian. Setelah panitera pengadilan membacakan keputusan eksekusi kemudian dilakukan serah terima.

    

 

27 Jun

KUNJUNGAN EVALUASI KELEMBAGAAN KEMENTERIAN PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGERA DAN REFORMASI BIROKRASI DI PENGADILAN NEGERI BANTUL


BANTUL, MEDIAPNBTL - Tim Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPanRB) didampingi oleh Tim Mahkamah Agung melakukan Kunjungan Evaluasi Kelembagaan Instansi Pemerintah di Pengadilan Negeri Bantul pada hari Selasa, 27 Juni 2023. Tim MenpanRB berjumlah 5 orang dan Tim Mahkamah Agung berjumlah 5 orang. Tim dari Mahkamah Agung diwakili oleh Biro Perencanaan dan Organisasi dan dari Badan Peradilan Umum. Kunjungan diterima oleh Ketua PN Bantul Sunoto, S.H.,M.H, Wakil Ketua Kurniawan Wijonarko, S.H., M.Hum, Panitera, Sekretaris, Panitera Muda dan Kasubbag bertempat di Media Center Pengadilan Negeri Bantul.

Sesuai dengan PERMENPANRB Nomor 20 Tahun 2018 tentang Evaluasi Kelembagaan Instansi Pemerintah tim menjelaskan mengenai metode evaluasi kelembagaan yang terdiri dari persiapan, pengumpulan data (kuisioner), analisis data dan terakhir laporan evaluasi.

Kegiatan dilanjutkan visit ruangan area Pengadilan Negeri Bantul dan diakhiri dengan foto bersama.

27 Jul

AUDIT KINERJA DARI TIM BADAN PENGAWASAN MAHKAMAH AGUNG RI PADA PENGADILAN NEGERI BANTUL


BANTUL, MEDIAPNBTL - Rabu, 26 Juli 2023  pukul 08.30 WIB, Ketua Pengadilan Negeri Bantul, SUNOTO, S.H., M.H. didampingi Wakil Ketua Pengadilan, Panitera dan Sekretaris di Ruang Kerja pimpinan menerima Tim Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI. Kedatangan Tim Badan Pengawasan ke Pengadilan Negeri Bantul sesuai surat tugas Kepala Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI nomor 645/BP/ST/VII/2023 tanggal 20 Juli 2023 untuk melaksanakan Audit Kinerja Tahun 2023.

Tim Badan Pengawasan diketuai Pengawas Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, Samsudin beserta 4 (empat) anggota tim bekerja dalam rangka pelaksanaan program kerja pengawasan tahunan Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI.

Pelaksanaan Audit Kinerja ditujukan untuk memberikan keyakinan memadai atas Kinerja Penyelesaian Perkara, Kinerja Pelaksanaan Eksekusi, Efektivitas dan Efisiensi Pengelolaan Keuangan Perkara serta Pelaksanaan Fungsi Pelayanan Peradilan pada Pengadilan Negeri Bantul.

Pelaksanaan pengawasan dilaksanakan di Pengadilan Negeri Bantul selama 2 (dua) hari yaitu dimulai tanggal 26 Juli 2023 dan ditutup tanggal 27 Juli 2023. Penutupan pelaksanaan Audit Kinerja disertai dengan ekspose temuan yang diselenggarakan di Ruang Sidang Utama Pengadilan Negeri Bantul dan dihadiri oleh seluruh pegawai yang tidak sedang bersidang/menjalankan tupoksinya. Acara ditutup dengan penyerahan hasil pengawasan dari Ketua Tim Auditor Kinerja kepada Ketua Pengadilan Negeri Bantul.

05 Jun

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Sigit Indriyatno, S.H., M.H. sebagai Panitera Pengadilan Negeri Bantul


BANTUL, MEDIAPNBTL - Pada hari Senin, 05 Juni 2023 bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Negeri Bantul telah dilaksanakan Acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Panitera Pengadilan Negeri Bantul Kelas 1B. Panitera Pengadilan Negeri Bantul Bapak Sigit Indriyatno, S.H, M.H. yang semula menjabat sebagai Panitera Pengadilan Negeri Mungkid dilantik oleh Ketua Pengadilan Negeri Bantul Bapak Sunoto, SH, MH.

Acara Pelantikan dimulai pukul 10.00 WIB dengan saksi adalah Ibu Dwi Melaningsih Utami, S.H.,M.Hum dan Ibu Yuyun Fithriyah, S.E.Ak serta didampingi rohaniawan dari Kementerian Agama. Setelah pengambilan sumpah jabatan dilanjutkan penandatanganan Berita Acara sumpah jabatan, pembacaan dan penandatanganan pakta integritas, serta sambutan Ketua Pengadilan Negeri Bantul.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dihadiri oleh para Hakim, Plt Panitera, Sekretaris, dan seluruh pegawai Pengadilan Negeri Bantul, turut hadir Ketua Pengadilan Negeri Mungkid Darminto Hutasoit,S.H.,M.H, beserta rombongan.

Dengan berakhirnya acara tersebut maka Bapak Sigit Indriyatno, S.H., M.H. telah resmi sebagai Panitera pada Pengadilan Negeri Bantul.  

Acara berjalan dengan lancar dan penuh khidmat, pelantikan diakhiri dengan pemberian ucapan kepada pejabat yang dilantik oleh tamu undangan dan foto bersama.