BERITA TERKINI
21 Mar

RAPAT KOORDINASI DAN SOSIALISASI SKB 6 K/L TENTANG IMPLEMENTASI KEADILAN RESTORATIF BAGI PELAKU DEWASARAPAT KOORDINASI DAN SOSIALISASI SKB 6 K/L TENTANG IMPLEMENTASI KEADILAN RESTORATIF BAGI PELAKU DEWASA


BANTUL, MEDIAPNBTL – Pengadilan Negeri Bantul menghadiri acara  RAPAT KOORDINASI DAN SOSIALISASI SKB 6 K/L (Kementerian / Lembaga) TENTANG IMPLEMENTASI KEADILAN RESTORATIF BAGI PELAKU DEWASA di DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Acara ini diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, dan dilaksanakan pada hari Senin, 21 Maret 2022 di Grand Mercure Yogyakarta.

Diundang dalam acara ini adalah Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta dan seluruh Ketua Pengadilan Negeri se-Wilayah Yogyakarta, Kepala Kantor wilayah KemenKUMHAM D I Yogyakarta, Kepala Kejaksaan Tinggi Yogyakarta dan Seluruh Kepala Kejaksaan Se-Wilayah D I Yogyakarta, Kepala Kepolisisan Daerah Yogyakarta dan seluruh Kepala Kepolisian Resor se-Wilayah D I Yogyakarta.

Dalam pengantar undangan disampaikan bahwa maksud dari kegiatan ini adalah untuk membangun kesepahaman antar aparat penegak hukum dan para pemangku kepentingan, sedangkan salah satu tujuannya adalah untuk mempersiapkan naskah perjanjian kerja sama tentang Implementasi alternatif pemidanaan dan keadilan restoratif bagi pelaku dewasa di Kota Yogyakarta

Pengadilan Negeri Bantul memberi tugas kepada Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bantul, Bapak Dr. Mohammad Amrullah, S.H., M.H. untuk mengikuti kegiatan tersebut.

21 Mar

PELANTIKAN DAN PENGAMBILAN SUMPAH JABATAN PANITERA


BANTUL, MEDIAPNBTL –Pengadilan Negeri Bantul menyelenggarakan acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Panitera Pengadilan Negeri Bantul pada senin, tanggal 21 Maret 2022.  Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri Bantul, Bapak Aminuddin S.H., M.H. dan dihadiri oleh seluruh Hakim dan pegawai Pengadilan Negeri Bantul.

Kaspendi Sembiring, S.H. dilantik dan diambil sumpah jabatan menjadi Panitera Pengadilan Negeri Bantul oleh Ketua Pengadilan Negeri Bantul berdasarkan Salinan Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 50/KMA/SK/II/2022 tanggal 14 Februari 2022. Setelah dilantik dan diambil sumpah jabatan, Panitera yang baru tersebut mengucapkan dan menandatangani Pakta Integritas sebagai bentuk komitmen untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya menurut peraturan dan kode etik yang berlaku.

   

Dalam rangkaian acara tersebut Ketua juga memberikan kata sambutan. Dalam sambutannya, Bapak Aminuddin, S.H., M.H. mengucapkan selamat kepada Kaspendi Sembiring, S.H. sebagai Panitera baru Pengadilan Negeri Bantul dan berpesan agar melaksanakan tugas Panitera sebagai mana mestinya.

Acara pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan diakhiri dengan ucapan selamat dari seluruh pegawai dan foto bersama.

16 Des

Pengawasan Daerah Pengadilan Tinggi Yogyakarta ke Pengadilan Negeri Bantul


BANTUL, PN-BANTUL.GO.ID – Pengawasan daerah oleh Pengadilan Tinggi Yogyakarta di Pengadilan Negeri Bantul dilaksanakan selama 2 (dua) hari, Rabu-Kamis (15-16/12/2021) berdasarkan Surat Tugas Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta Nomor W13.U/364/ST/WKPT/XII/2021. Tim Pengawas Daerah berjumlah 7 (tujuh) orang dan sebagai Ketua Tim adalah Agus Sutarno, S.H., M.H., hakim tinggi pada Pengadilan Tinggi Yogyakarta.

Pengawasan Daerah dimulai dengan acara pembukaan (Opening Meeting) yang dihadiri seluruh tim pengawas daerah dan seluruh pegawai Pengadilan Negeri Bantul. Dalam sambutannya, ketua tim pengawas mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memastikan semua berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan tidak untuk mencari kesalahan.
Lebih lanjut, Agus Sutarno menyatakan bahwa selama kegiatan ini tidak akan mengganggu jalannya pelayanan persidangan di Pengadilan Negeri Bantul dan setiap pegawai agar bekerja pada pos masing-masing sebagaimana biasa.
Sambutan juga disampaikan oleh Ketua Pengadilan Negeri Bantul, Aminuddin, S.H., M.H. Dalam sambutannya, Ketua menyatakan bahwa Pengadilan Negeri Bantul siap untuk dilakukan pengawasan.
Setelah acara pembukaan selesai Tim pengawas langsung melakukan pengawasan pada setiap unit kerja baik dari kelengkapan dokumen maupun pelaksanaan di lapangan. Pengawasan hari pertama ini berlangsung hingga sore hari.


Hari kedua masih dilanjutkan kepada unit kerja yang belum dilakukan pengawasan. Selama pengawasan berlangsung kegiatan pelayanan kepada masyarakat dan persidangan di Pengadilan Negeri Bantul tetap berjalan sebagaimana mestinya.
Kegiatan pengawasan diakhiri dengan acara penutupan (closing meeting) dengan agenda penyampaian hasil temuan pengawasan oleh Ketua Tim pengawas. Hasil temuan pengawasan dibacakan oleh Yap Arfen Rafei, S.H., M.H. hakim tinggi pengawas yang menjadi anggota dalam tim pengawas daerah ini.

18 Mar

PENGAMBILAN SUMPAH JABATAN DAN PELANTIKAN JURUSITA PENGGANTI


BANTUL, MEDIAPNBTL – Jumat tanggal 18 Maret 2022 Pengadilan Negeri Bantul menyelenggarakan acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Jurusita Pengganti Pengadilan Negeri Bantul.  Pejabat yang dilantik adalah Mohammad Jazuri, salah satu pegawai pada Sub Bagian Umum dan Keuangan. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri Bantul, Bapak Aminuddin S.H., M.H. dan dihadiri oleh seluruh Hakim dan pegawai Pengadilan Negeri Bantul.

Ketua Pengadilan Negeri Bantul melantik dan mengambil sumpah jabatan berdasarkan Keputusan Ketua Pengadilan Negeri Bantul Nomor W13.U5/32/SK/KP.00.3/III/2022 tanggal 16 Maret 2022. Setelah dilantik dan diambil sumpah jabatan, Jurusita Pengganti yang baru tersebut mengucapkan dan menandatangani Pakta Integritas sebagai bentuk komitmen untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya menurut peraturan dan kode etik yang berlaku.

Dalam rangkaian acara tersebut Ketua juga memberikan kata sambutan. Dalam sambutannya, Bapak Aminuddin, S.H., M.H. mengucapkan selamat kepada Mohammad Jazuri sebagai jurusita pengganti baru Pengadilan Negeri Bantul dan berpesan agar melaksanakan tugas kejurusitaan dengan sebaik-baiknya tanpa meninggalkan tugas-tugas sebelumnya yang diberikan pada sub bagian Umum dan Keuangan.

Acara pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan diakhiri dengan ucapan selamat dari seluruh pegawai dan foto bersama.

 

 

 

 

15 Des

Pengadilan Negeri Bantul Mengikuti Bimtek Skill Media


WATES, PN-BANTUL.GO.ID – Pengadilan Negeri Bantul mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) pengembangan skill tim media yang diselenggarakan oleh Pengadilan Tinggi Yogyakarta di Pengadilan Negeri Wates. Bimtek diselenggarakanselama 2 (dua) hari yaitu Senin-Selasa (13-14/12/2021). Bimtek juga diikuti oleh seluruh tim media dari Pengadilan Tinggi Yogyakarta dan Pengadilan Negeri se wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta sejumlah 35 orang. Hadir sebagai narasumber adalah Kinaryo Palupi untuk fotografi dan videografi, dan Drs. H Heri Purwata untuk teknik penulisan.
Dalam acara pembukaan bimtek pengembangan skill tim media ini, Gatot Suharnoto, S.H., M.H, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta, memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Bimtek. Dalam sambutannya beliau mengatakan Bimtek ini sebagai upaya bagaimana menyajikan informasi kepada masyarakat sedemikina rupa dikemas dalam suatu kemasan yang baik dan menarik.
Di akhir sambutannya, Gatot Suharnoto, S.H., M.H. juga berpesan “jaga nama baik lembaga kita dengan cara memberikan layanan informasi yang benar dan baik, agar kepercayaan masyarakat kepada lembaga peradilan semakin baik”.
Sedangkan Ketua Panitia Penyelenggara Bimtek, Guntur Purwanto Joko Lelono S.H., M.H. mengatakan ada tiga tujuan dari Bimtek ini. Pertama, meningkatan kemampuan membuat berita baik gambar, maupun narasi. Kedua, peningkatan kemampuan membuat press release. Ketiga, meningkatkan kemampuan tata kelola media sosial yang dimiliki.
Setelah acara pembukaan, dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang forografi dan videografi oleh Kinaryo Palupi. Palupi memaparkan tentang teknik-teknik fotografi dan videografi bagaimana cara mengambil foto/video dan teknik komposisi di sebuah foto atau video. Seluruh peserta, termasuk Pengadilan Negeri Bantul, diberi kesempatan untuk praktek langsung membuat sebuah video liputan yang kemudian dilakukan review bersama.
Di hari kedua, materi disampaikan oleh Drs. H Heri Purwata, seorang dosen dan juga wartawan Republika (1993-2016). Heri Purwata memaparkan bagimana teknik membuat sebuah berita, mulai dari menemukan berita hingga menyusun menjadi sebuah berita yang sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalistik yang baik.
Bagi Pengadilan Negeri Bantul, Bimtek ini sangat berguna karena menambah ilmu tentang pengelolaan media utamanya dalam hal fotografi dan videografi serta teknik dalam penulisan berita.