BERITA TERKINI
09 Des

Memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia Tahun 2021


Tanggal 9 Desember di tetapkan sebagai Hari Anti Korupsi Sedunia oleh Majelis Umum PBB sejak Desember tahun 2005. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap korupsi dan peran konvensi dalam memerangi dan mencegahnya. Tema Hari Antikorupsi Sedunia 2021 di Indonesia adalah "Satu Padu Bangun Budaya Antikorupsi".

Dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia tahun 2021, para aparatur Pengadilan Negeri Bantul Kelas IB mengadakan pembagian stiker anti korupsi kepada pengendara disekitar Jl. Soepomo, Bantul.

Diharapkan hal kecil ini dapat menjadi cambuk bagi kami khususnya warga Pengadilan Negeri Bantul dan para masyarakat supaya tetap menjaga integritas serta menjauhi tindakan yang mengarah pada korupsi.

Selamat Hari Anti korupsi Sedunia Th. 2021
Mari Kita Bersama Melawan Korupsi!
"Satu Padu Bangun Budaya Antikorupsi"
 

30 Nov

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Jurusita Pengganti pada Pengadilan Negeri Bantul Tahun 2021


Pada hari ini, selasa 30 November 2021 telah dilaksanakan acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Jurusita Pengganti atas nama Yohanes De Deo Nanda Deby Retnandi, A.Md. Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan oleh Ketua Pengadilan Negeri Bantul Bpk. Aminuddin, S.H., M.H. dihadiri oleh seluruh pegawai Pengadilan Negeri Bantul dan sebagai saksi adalah Bpk. Agus Nur Isriyadi, S.H. dan Bpk. Suradal. Keduanya adalah Jurusita pada Pengadilan Negeri Bantul. 

Acara diawali dengan pembacaan Surat Keputusan, Pelantikan oleh Ketua, Pengambilan sumpah jabatan serta pembacaan dan penandatanganan pakta integritas oleh yang diambil sumpah. Kemudian dilanjutkan sambutan Ketua Pengadilan Negeri Bantul. Dalam sambutannya Ketua Pengadilan Negeri Bantul menekankan bahwa untuk selalu menjaga integritas dan bersih dari KKN dalam menjalankan tugas.

 Acara diakhiri dengan ucapan selamat dan foto bersama. 

16 Nov

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Kasubbag. Umum dan Keuangan


Hari Senin, 15 November 2021 bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Negeri Bantul Kelas IB, pukul 09.00 WIB telah dilaksanakan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Bapak Prasetyo, S.T sebagai Kepala Sub Bagian Umum dan Keuangan pada Pengadilan Negeri Bantul Kelas IB.
Pelantikan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Bantul, Bapak Aminuddin, S.H.,M.H. dan dihadiri oleh Wakil Ketua beserta beberapa hakim dan Pegawai Pengadilan Negeri Bantul.
 
Selamat dan sukses selalu Bapak Prasetyo, S. T.
Semoga diberikan kelancaran dan kemudahan dalam mengemban amanah barunya sebagai Kepala Sub Bagian Umum dan Keuangan di Pengadilan Negeri Bantul.
-Humas PN Bantul-
23 Nov

Mahkamah Agung Memperpanjang Waktu Pendaftaran Pelaksanaan Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama Pada Mahkamah Agung Tahun 2021


Sekretaris Mahkamah Agung selaku Ketua Panitia Seleksi mengeluarkan surat perpanjangan waktu pendaftaran dan perubahan jadwal Pelaksanaan Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama pada Mahkamah Agung Tahun 2021. Silakan unduh surat tersebut pada tautan berikut:

 

sumber: https://mahkamahagung.go.id/

08 Nov

Ketua MA, PTSP Komitmen Pengadilan Untuk Memberikan Pelayanan Terbaik


KETUA MA, PTSP KOMITMEN PENGADILAN UNTUK MEMBERIKAN PELAYANAN TERBAIK

Denpasar – Humas : “Hadirnya Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di pengadilan bertujuan untuk menjawab tantangan ke depan, sekaligus merespons kritik masyarakat terhadap pelayanan pengadilan yang dulunya dianggap kurang transparan dan tidak akuntable. PTSP merupakan komitmen pengadilan untuk memberikan pelayanan terbaik dimulai dari pintu masuk sampai dengan pintu keluar, bukan hanya cepat, transparan, dan akuntabel, tetapi pelayanannya pun mengacu kepada prinsip 5R, yaitu (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin) serta 3S, yaitu (Senyum,Salam dan Sapa)”, ujar Ketua Mahkamah Agung dalam acara penyerahaan penghargaan lomba pelayanan terpadu satu pintu dilingkungan peradilan umum, pada hari kamis, 4/11/2021, bertempat diballroom hotel Trans seminyak.

Dalam sambutannya KMA mengatakan pengadilan saat ini telah menjadi tempat yang ramah bagi para penyandang disabilitas, hal tersebut sesuai dengan amanat konstitusi dan beberapa undang-undang bahwa kelompok masyarakat rentan berhak untuk mendapatkan perlakuan dan perlindungan secara khusus, berkaitan dengan kekhususannya.

Sesuai dengan Nilai Utama Mahkamah Agung, yaitu perlakuan sama di hadapan hukum, maka seluruh Pengadilan Tinggi dan Pengadilan Negeri harus bisa menjadi pengadilan yang “inklusif” dengan mengakomodir kebutuhan para penyandang disabilitas, sehingga mereka dapat terhindar dari hambatan dan diskriminasi ketika beracara atau menerima layanan di pengadilan, ungkap mantan Kepala Badan Pengawasan.

Acara lomba Pelayanan Terpadu Satu Pintu ini dibagi menjadi enam katagori, yaitu

  • Katagori Pengadilan Tinggi
  • Katagori Pengadilan Negeri Kelas IA Khusus
  • Katagori pengadilan Negeri Kelas IA
  • Katagori Pengadilan Negeri Kelas IB
  • Katagori Pengadilan Negeri Kelas II
  • Katagori Favorit

Diakhir sambutan, Ketua Mahkamah Agung mengungkapkan lomba Pelayanan Terpadu Satu Pintu ini dapat memacu seluruh pengadilan untuk selalu memberikan layanan yang prima dan berkeadilan bagi para pencari keadilan guna mewujudkan visi dan misi Mahkamah Agung yaitu mewujudkan Badan Peradilan yang Agung.

Penyerahaan penghargaan lomba PTSP ini dihadiri oleh Ketua Kamar Pembinaan, Ketua kamar Pidana, ketua kamar Militer, Ketua kamar Perdata, Hakim Agung, Panitera, Plt Dirjen Badilum, dan Plt Kepala badan Pengawasan serta para ketua Pengadilan Tingkat banding. (Humas)

 

Sumber: https://mahkamahagung.go.id/id/berita/