BERITA TERKINI
14 Apr

PELEPASAN CALON HAKIM


Calon Hakim yang telah magang di Pengadilan Negeri Bantul selama 1 tahun penuh telah menjalankan tugasnya dengan baik dan telah mendapatkan Surat Keputusan dari Mahkamah Agung untuk bertugas kembali di pengadilan yang lain dengan menyandang gelar sebagai seorang Hakim.

Sebanyak 12 calon Hakim telah belajar dan memberikan banyak kontribusi positif kepada Pengadilan Negeri Bantul baik serta memberikan kesan yang baik terhadap seluruh warga pengadilan.



Salah satu bentuk penghargaan di tengah pandemi virus Covid-19 tetap dilakukan acara sederhana berupa pelepasan, kata pamitan, serta kesan-kesan selama magang. Kegiatan dilaksanakan dengan tidak mengabaikan protokol kesehatan selama pandemi Virus Covid-19.

27 Mar

Pemeriksaan Kesehatan terkait Penyebaran Virus Covid-19


Pada tanggal 27 Maret 2020 Pengadilan Negeri Bantul bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul menyelenggarakan pemeriksaan/konsultasi bagi seluruh pegawai pengadilan terkait dengan pandemi penyebaran virus corona.

Terdapat empat petugas kesehatan yang siap melayani baik pemeriksaan awal maupun konsultasi terkait informasi pencegahan maupun penyebaran virus covid-19 ini.

Dengan adanya pendataan oleh dinas kesehatan ini maka seluruh pegawa pengadilan juga akan turut terpantau sehingga dapat memberikan kontribusi data kepada dinas kesehatan.

21 Feb

MEDIASI PERKARA PERDATA BERHASIL


Telah terjadi penyelesaian terhadap salah satu perkara perdata di Pengadilan Negeri Bantul yaitu melalui proses mediasi dengan mediator Hakim Pengadilan Negeri Bantul yaitu Koko Riyanto, S.H.. Berkat komunikasi dan kerjasama yang baik dari para pihak dalam mediasi sehingga terjadi kesepakatan damai terhadap perkara Perdata Nomor: 98/Pdt.G/2019/PNBtl sehingga para pihak tidak perlu untuk melanjutkan perkara ke proses persidangan.

Sebagaimana diketahui bahwa mediasi merupakan salah satu cara penyelesaian perkara yang cepat dan berbiaya ringan yang dilakukan terhadap perkara perdata yang masuk di Pengdailan.

27 Mar

SIDANG PERDANA SECARA ONLINE


Jumat  tanggal 27 Maret 2020 menjadi hari pertama sidang perkara pidana secara online sebagai langkah dalam pencegahan penyebaran virus COVID-19. Pimpinan Pengadilan Negeri Bantul telah berkoordinasi dengan Kejaksaan Negeri Bantul, Rutan, dan para Penasehat hukum untuk penyelenggaraan sidang secara online ini.

Persidangan berjalan dengan lancar, dengan tidak meninggalkan kaidah-kaidah pokok persidangan.

 

11 Okt

PENGARAHAN PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS OLEH PENGADILAN TINGGI YOGYAKARTA


Pembangunan Zona Integritas yang telah dicanangkan oleh Pengadilan Negeri Bantul sangat mendapatkan perhatian positif oleh pimpinan Mahkamah Agung, khususnya Pengadilan Tinggi Yogyakarta. Berbagai pantauan dan pembinaan atas perkembangan pembangunan Zona Integritas terus dilakukan.

Salah satu contoh pembinaan yang dilakukan adalah pengarahan dari Tim Zona Integritas Pengadilan Tinggi Yogyakarta, yaitu yang dilaksanakan pada hari jumat, 11 oktober 2019 ini. Pengarahan yang kali ini di pimpin oleh Hakim Tinggi dan Sekretaris Pengadilan Tinggi Yogyakarta membagikan pengalaman terkait keberhasilan Pengadilan Tinggi Yogyakarta dalam Pembangunan Zona Integritas yang pada saat ini telah mendapatkan kunjungan penilaian dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara