BERITA TERKINI
26 Mar

Persiapan Ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP)


alah satu misi yang telah ditetapkan Mahkamah Agung yakni memberikan pelayanan hukum yang berkeadilan kepada pencari keadilan. Oleh karena itu menjadi keharusan bagi setiap Badan Peradilan untuk meningkatkan pelayanan publik dan memberikan jaminan proses peradilan yang adil. Salah satu wujud pelayanan hukum tersebut adalah diterapkannya Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

Dengan diterapkannya Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), maka interaksi langsung yang kurang transparan di hadapan publik antara para pencari keadilan dengan petugas pengadilan, akan mencegah timbulnya KKN serta manfaat lainnya yakni pelayanan akan menjadi akuntabel, transparan, efektif, dan efisien.

Dalam rangka tersebut Pengadilan Negeri Bantul bersiap secara fisik untuk mewujudkan adanya ruangan/meja pelayanan untuk pelayanan satu pintu. Saat ini persiapan tersebut baru sekitar 40% pengerjaan. Diharapkan pada pertengahan tahun 2018 ini ruangan tersebut sudah siap untuk digunakan untuk pelayanan PTSP.

21 Feb

Koordinasi Dan Pembinaan


Dalam rangka mendorong terwujudnya visi dan misi peradilan umum dengan peningkatan penjaminan mutu dan reformasi birokrasi melalui pengelolaan keuangan yang inovatif, tepat sasaran, transparan dan akuntabel.

Kegiatan yang dilaksanakan tanggal 20 februari 2018 di ruang sidang utama Pengadilan Negeri Bantul merupakan pilot project kegiatan koordinasi antara sekretaris dan pengelola keuangan pada pengadilan negeri dengan sekretaris dan bagian perencanaan pengadilan tinggi yang dilakukan secara bergilir di pengadilan negeri se-DIY.

Bantul sebagai pengadilan negeri yang oleh Pengadilan Tinggi Yogyakarta dipandang mengalami perkembangan positif pada akhir tahun 2017 dijadikan sebagai pilot project kegiatan tersebut, yang nantinya akan bergilir ke pengadilan negeri lain pada pertemuan berikutnya.

Kegiatan dibuka oleh wakil ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta Bpk. Gatot Suharnoto, S.H. bersama tim, yang terdiri atas hakim pengawas wilayah Bantul Bpk. H. Budi Setiono, S.H., M.H., Sekretaris Pengadilan Tinggi Yogyakarta Bpk. Sagimin, S.H., M.M., Kabag. Perencanaan dan kepegawaian Bpk. Widodo Budi Santoso, S.H., kasubag rencana program dan anggaran Ibu Rosyidatus Syarifeini, S.Psi serta para staf pelaksana bagian program dan anggaran.

Pada sesi pertama kegiatan dipandu oleh sekretaris Pengadilan Tinggi Yogyakarta berupa pemaparan dan evaluasi hasil kinerja anggaran selama tiga tahun terakhir, pembinaan/arahan mengenai pengelolaan anggaran dan pelaksanaan anggaran tahun 2018, diskusi, serta pembahasan permasalahan-permasalahan yang muncul. Acara dikemas santai dan interaktif.

Pada sesi kedua dipandu oleh kabag. Perencanaan dan kepegawaian, berupa penyampaian hasil penyusunan SAKIP (Sistem Akuntabilitas Instansi Pemerintah) di seluruh pengadilan negeri di yogyakarta. Pada sesi ini disampaikan kekurangan atau koreksi atas SAKIP seluruh pengadilan negeri.

Disampaikan juga mengenai hasil pertemuan seluruh kabag perencanaan dan kepegawaian di mahkamah agung mengenai pengaturan tata laksana kepegawaian berupa himbauan untuk pengisian data kepegawaian secara online dan terupdate untuk keperluan KPO dan PPO, juga kebijakan mengenai pengusulan jabatan teknis panitera pengganti dan  jurusita/pengganti.

Bersamaan dengan acara tersebut, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta bersama hakim tinggi pengawas wilayah bantul mengadakan supervisi dan pembinaan ke seluruh area kantor Pengadilan Negeri Bantul dengan didampingi oleh Ketua dan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bantul. 

Acara ditutup oleh KPN Bantul dikarenakan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi sudah mendahului kembali ke Pengadilan Tinggi Yogyakarta. (Wir)

02 Okt

Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2017 di Pengadilan Negeri Bantul


 Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2017 di Pengadilan Negeri Bantul diselenggarakan pada hari Senin tanggal 02 Oktober 2017 pukul 08.00 WIB. Hal ini sesuai dengan surat Sekretaris Mahkamah Agung Nomor 882/SEK/HM.01.2/09/2017 perihal penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2017 bahwa diinstruksikan kepada seluruh pengadilan pada empat lingkungan peradilan untuk menyelenggarakan upacara pada hari tersebut. Upacara dilaksanakan sesuai dengan Pedoman Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2017 dari Menteri Sekretaris Negara dengan surat nomor B-908/M.Sesneg/Set/TU.00.04/09/2017 selaku Ketua Panitia Negara Perayaan Hari-Hari Nasional dan Penerimaan Kepala Negara/Pemerintah Asing/Pimpinan Orgasnisasi Internasional.

Upacara dengan tema nasional yaitu “Kerja Bersama Berlandaskan Pancasila Mewujudkan Masyarakat Adil dan Makmur” ini berjalan dengan lancar, tertib dan khidmat diikuti oleh seluruh pegawai Pengadilan Negeri Bantul. Ketua Pengadilan Negeri Bantul bertindak sebagai Pembina Upacara, sedangkan pegawai Pengadilan Negeri Bantul sebagai petugas dan peserta upacara.

Penyelenggaraan upacara dilaksanakan kurang lebih setengah jam dan kemudian dilanjutkan dengan briefing dari Ketua Pengadilan Negeri Bantul di Ruang Sidang Utama untuk penyampaian evaluasi, pemberian apresiasi positif dan aplaus terhadap penyelenggaraan upacara.

 

 

 

08 Nov

Sidang Perkara Perdata Gugatan Penggusuran Gumuk Pasir Kretek, Bantul


Sidang perkara perdata nomor 58/Pdt.G/2017/PN.Btl dilaksanakan di Ruang Sidang Utama Pengadilan Negeri Bantul pada hari rabu tanggal 08 November 2017 dengan acara Pembacaan Gugatan oleh penggugat yang dikuasakan kepada Imanuel Gobay, S.H., M.H.. Pihak tergugat I Bupati Bantul diwakili Bagian Hukum Kabupaten Bantul; tergugat II Gubernur DIY diwakili Biro hukum Sekretariat Daerah DIY, Kasultanan Yogyakarta sebagai tergugat III diwakili kuasa dari Law Office “ACHIEL SUYANTO S & PARTNERS” Werdi Hapsari Murti, S.H. dan turut tergugat Kasat Pol PP Kabupaten Bantul.

video pembacaan gugatan dari penggugat


sidang selanjutnya dijadwalkan rabu tanggal 15 November 2017 dengan acara Jawaban dari Para Penggugat.

 

05 Sep

Kolaborasi “Ngopi Bareng” PN Bantul dan “Moro Lego” Disdukcapil Bantul


Pada senin, 4 September 2017 bertempat di Pengadilan Negeri Bantul diadakan forum komunikasi antara PN Bantul dengan Disdukcapil Kabupaten Bantul. 

Forum “Ngopi Bareng” PN Bantul bertajuk “Rembugan Pelayanan Administrasi Kependudukan yang Sederhana, Cepat dan Biaya Ringan ini diadakan sebagai sebuah forum komunikasi yang dibangun dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Layanan teknis seperti perubahan dokumen akta kelahiran, perceraian dan dokumen kependudukan lain yang membutuhkan penetapan dari pengadilan serta tindak lanjutnya merupakan fokus pembicaraan dalam forum ini. Seiring dengan pejabat Kepala Dinas yang baru maka dengan adanya acara ini diharapkan dapat memberikan perubahan positif dalam hal pelayanan kependudukan tersebut.

Acara ini dihadiri oleh Kadis Dukcapil Bantul bapak Bambang Purwadi Nugroho dengan didampingi Kabid Pencatatan Sipil, Kabid Pemanfaatan Data, Kabid Pendaftaran Penduduk, Kasi Kelahiran, Kasi Kematian dan dari Bagian Hukum. Sedangkan Ketua Pengadilan Negeri Bantul didampingi Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bantul, Seluruh Hakim, Panitera, Panitera Muda Perdata, Panitera Muda Pidana, Panitera Muda Hukum, serta Kasubbag Perencanaan, Teknologi Informasi, dan Pelaporan, Kasubbag Kepegawaian, Organisasi dan Tata Laksana, Kasubbag Umum dan Keuangan.

Dari hasil rembugan tersebut beberapa pokok perhatian diantaranya akan adanya MoU berkaitan dengan putusan perkara perceraian dan akta cerai serta kesepahaman bahwa forum seperti ini akan terus berlajut di waktu yang akan datang. (KPN)